Peringati HUT ke-50, SMAN 3 Kupang Sinergi Bersama Puskesmas Oepoi Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Kupang, Sonafntt-news.com.  SMAN 3 Kupang terus bergerak  melakukan langkah-langkah strategis untuk  memperkuat pelayanan publik dan salah satu kegiatan konkrit  yakni  bersinergi bersama Puskesmas Oepoi melakukan  pemeriksaan kesehatan gratis bagi siswa/i, para guru, pegawai lingkup SMAN 3 Kupang  dan  masyarakat umum.

Pantauan media, kegiatan  tersebut berlangsung di Lapangan Utama  SMAN 3 Kupang yang hadiri  Dokter 1 orang dan para perawat,   Senin 4/9/2023.

Penanggung Jawab Program Ayubilia P.Lebu dalam  keterangannya menguraikan bahwa   pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan merupakan kerja sama dengan SMAN  Kupang dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun sekolah yang ke-50  dan salah satu agenda utama  memberikan edukasi kepada siswa/i tentang pentingnya menjaga kesehatan di masa yang akan datang.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan ada beberapa tahapan yakni screening penyakit tidak menular.untuk item ini, ada 9 indikator. Kami juga  mendeteksi beberapa jenis penyakit  diantaranya diabetes, darah tinggi,  tes   gula darah, pengukuran tinggi badan, dan lingkar perut. selain itu,kami juga melakukan screening  bagi warga yang perokok aktif  usia 17 tahun ke atas,  dan Kesehatan Jiwa.

“Langkah pertama kami melakukan screening  dan jika menemukan pasien yang mengalami resiko tinggi Hipertensi kami  mengembalikan kepada pasien namun  biasanya menyarankan  segera  rujuk di Puskesmas  untuk ditangani  sesuai ketentuan kesehatan selanjutnya akan dirujuk ke rumah Sakit Kota Kupang agar mendapat pelayanan kesehatan.Selain itu, kami juga akan melakukan kunjungan rumah  untuk mengupdate  guna memastikan perkembangan kesehatan yang bersangkutan “ungkapnya.

Ia lanjut menjelaskan,  semua  diagnosa    jenis penanganannya hampir  sama baik itu Hipertensi, Jantung, paru-paru  dan gula darah.” Kita melakukan tensi  dan skrining .untuk tensi biasa dilakukan  tiga kali baru mengukur pasien bersangkutan masuk kategori hipertensi  atau  sebaliknya. “ungkapnya. 

Ia berharap semoga dengan  kegiatan ini kita lebih peka menjaga menjaga kesehatan dan memastikan diri kita selalu sehat, serta rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.

Sementara Ketua  panitia kegiatan Oktovianus Nomleni, S.Pd, saat di konfirmasi awak media ini menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan  yang dilakukan merupakan  kerja sama dengan dinas kesehatan dan mitra kami  Puskesmas Oepoi. “Untuk pemeriksaan kesehatan diawali dengan screening dan  syaratnya cuma membawa KTP sedangkan untuk hari ini kami menargetkan semua bapak/ibu pegawai terlayani  sesuai petunjuk kesehatan dan untuk tiga hari kedepan kami sudah jadwalkan untuk siswa SMA kelas 10-12” ungkapnya.

Ia lanjut menerangkan di SMAN 3 juga memiliki kader kejiwaan  yang mendapat bimbingan dari petugas kesehatan Oepoi  dan jika ditemukan siswa yang mengalami gangguan tertentu mereka memberikan edukasi sesuai peran yang ada dan salah satu wujud hal tersebut kemarin pembukaan senam di buka oleh kader kejiwaan . 

Ia juga menyampaikan teman-teman guru dan pelajar sangat antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan. “Kalau di layanan kesehatan umum kita masih antre namun moment ini kita mudah melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai petunjuk kesehatan”ungkapnya. (Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *