Perkuat Ekonomi Daerah, Bupati Kupang Launching Brand Beras Lahai Roi & Opa Taklale Serta Pisang Kafendis

Oelamasi, Sonafntt-news.com.    Pemerintah Kabupaten Kupang terus bergerak melakukan langkah-langkah konkrit di segala  sektor dengan melakukan inovasi-inovasi baru termasuk  memastikan ketersediaan pangan berkelanjutan, meningkatnya daya beli  masyarakat dan menjaga stabilitas harga pangan strategis di pasaran guna memperkuat ekonomi daerah.

Demikian disampaikan Bupati Kupang Korinus Masneno saat membuka kegiatan gerakan tanam dan pasar tani sekaligus melaunching beras kupang dan pisang cavendish yang berlangsung di area tanam embung civic center Oelamasi. (Jumat, 11/08/2023) Turut hadir dalam kegiatan ini Kajari Kabupaten Kupang Muhammad Ilham, Ketua Pengadilan Oelamasi Erianto Siagian, Danbrigif 21 Komodo Kolonel Inf. Andi Andriyanto, Wakapolres Kupang Kompol Yulianus Lau, IOF Pengda NTT (Ketua III) Achmad Likur, Kepala Bank NTT Cabang Oelamasi Fransiskus Boli Tobi, Plt. Sekda Rima Salean bersama Para Asisten, staf Ahli Bupati para pimpinan OPD dan staf lingkup Pemkab Kupang.

Bupati Masneno mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun semangat dan motivasi para petani untuk bangkit dan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki. Masneno juga mengakui bahwa petani dan pekebun berpotensi menjadi orang-orang sukses, mengingat potensi alam yang besar dan berlimpah di kabupaten  Kupang. 

Kendati demikian yang menjadi hal penting bagaimana kemauan dan tekad kita dalam mengelola potensi tersebut. 

“Momentum hari ini akan jadi sejarah pertama kabupaten Kupang mampu memproduksi beras sendiri dengan merk lokal yakni lahai roi dan opa taklale yang sudah dikemas sedemikian rupa, yang juga merupakan solusi mengatasi krisis ketahanan pangan di kabupaten  Kupang dan sekitarnya. Ini suatu kebanggaan kita dan sekaligus mendorong semangat pasar sebagai daerah produksi pangan yang  handal di kabupaten  Kupang”, Ungkapnya. 

Tidak hanya itu, Masneno juga mengatakan bahwa meski di tengah isu el nino, rakyat kab. Kupang  tetap semangat dalam bertani dan berkebun. Dirinya berharap agar pemerintah dan forkopimda, bisa terus mendorong para petani demi membangun ekonomi di kab. Kupang lebih baik lagi. Meski membangun ekonomi bukanlah hal yang mudah, namun Korinus Masneno yakin bahwa masyarakat kab. Kupang bisa keluar dari kemiskinan dengan berbagai inovasi baru. 

“Dorong petani kita untuk menjadi lebih baik. Saya percaya dengan langkah dan inovasi baru dari Kadis Pertanian kab. Kupang, kita bisa saling memberi motivasi dan semangat dalam rangka merangkai kebersamaan untuk memikul tanggung jawab kedepannya demi masyarakat kab. Kupang yang semakin maju, mandiri dan sejahtera. 

Dalam wawancara terpisah, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyoadi mengatakan, hasil panen petani kab. Kupang cukup bagus. Baik itu cabai, bawang, sorgum maupun beras. “Hasilnya sudah bagus. Sisa skalanya dan of taker-nya saja. Yang mana, saat menanam, sudah tau siapa yang akan membeli atau dipasarkan ke mana.”

Dirinya berpesan, agar pihak pemerintah khususnya Bupati dan Danlanud El Tari Kupang  bisa menjadi off taker bagi para petani. “Presiden ingin masyarakat bertani, pemerintah sebagai pasarnya. Soal air, sudah punya pompa air agar kedepannya pertanian di NTT bisa maju. Jangan paksakan menanam tanaman yang tidak produktif. Pilihlah tanaman produktif sebagai kearifan pangan lokal. Karena saya lihat, kearifan pangan lokalnya cukup baik”, tutup Arief. 

Kadis Pertanian Kabupaten Kupang Amin Juariah dalam laporannya menyampaikan harapan agar kegiatan pertanian dan perkebunan di Kabupaten Kupang dapat terus berkembang semakin baik. Kegiatan ini juga menunjukan program Pemerintah lewat Revolusi 5 P sudah berjalan dengan baik. Berbagai terobosan diantaranya launching beras san pisan kavendis yang diharapkan dapat dipasarkan dan memenuhi kebutuhan pangan di Kab. Kupang dan wilayah sekitarnya. Pembangunan pertanian sendiri jelas Amin, terus berkolaborasi dengan semua pihak termasuk anak-anak muda yang tergabung dalam petani milenial dan kelompok-kelompok tani lainnya. 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penanaman anakan jagung dan senam bersama oleh Bupati Kupang Korinus Masneno, Wakil Bupati Jerry Manafe, Wakil Ketua DPRD Kab. Kupang Sofia Malelak De Haan dan Forkopimda Kabupaten. Kupang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *