Perkuat Konsolidasi Pilkada 2020, DPD II Golkar Kabupaten TTU Gelar TOT Bagi 72 Trainer Tingkat Kecamatan.

Kefamenanu,sonafntt-news.com.Dalam rangka memperkuat konsolidasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Timor Tengah Utara Tahun 2020, – Dewan Pengurus Daerah (DPD) II Partai Golkar Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menggelar kegiatan Training of Trainer (ToT) atau pelatihan saksi Bagi 72 trainer tingkat kecamatan.

Pelatihan saksi bertujuan untuk mengetahui dengan baik dan mengawal suara dari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Drs.Juandi David dan Drs.Eusabius Binsasi yang lebih dikenal dengan paket Desa Sejahtera pada 9 Desember 2020.

Kegiatan ini bertempat di Kantor DPD II Partai Golkar TTU, di Kefamenanu Senin (23/11/2020).

Ketua DPD II Partai Golkar TTU, Kristoforus Efi dalam keterangan menjelaskan bahwa kegiatan ToT bertujuan untuk memberikan pemahaman secara baik dan benar mengenai mekanisme pengawalan suara baik dari Tempat Pemungutan Suara (TPS),tingkat kecamatan, dan Kabupaten dengan mengacu terhadap ketentuan yang berlaku.Untuk diketahui setelah pelatihan para trainer tingkat kecamatan,memiliki tanggung jawab penuh untuk memberikan bimbingan teknis bagi saksi di tingkat desa/Kelurahan sehingga benar-benar mengawal suara di TPS dengan baik dan terutama untuk paket Desa Sejahtera

Kristo Efi Lanjut mengungkapkan bahwa saksi di TPS hingga Kabupaten/Kota memiliki peran yang sangat strategis untuk menjamin dan memastikan kenyamanan perolehan suara dari paket Desa Sejahtera

” Saksi ini harus tahu apa tupoksinya di TPS. Harus fokus selama proses pencoblosan hingga penghitungan suara selesai. Merekap hasil suara dan mengambil dokumentasi sebagai bentuk pertanggung jawaban dan lainnya,” tutur Mantan Ketua Presidium PMKRI Cabang Kupang.

Mantan Ketua PMKRI Cabang Kupang berharap kehadiran 72 saksi trainer tingkat kecamatan, yang di delegasi dari 3 orang setiap kecamatan dapat menjalankan tugas dan peran dengan baik dengan prinsip mengutamakan asas kebenaran berdasarkan fakta di lapangan.

Sementara Calon Bupati Drs. Djuandi David meminta kerja sama yang baik dari pihak terutama para peserta yang mengikuti Pelatihan ToT agar menjalankan fungsinya dengan baik dan hasil pelatihan ini akan menjadi acuan untuk memberikan bimbingan bagi saksi di TPS yang tersebar di seluruh Desa /Kelurahan lingkup Kabupaten TTU.

” Kita harap bisa ikuti dengan baik karena saksi punya peranan strategis 9 Desember mendatang,” ujar Mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga TTU ini.

Saksi memiliki peran yang sangat vital baik dari TPS dengan mengawal seluruh tahapan yang berlaku termasuk menjaga suara pemilih, dari segala bentuk kecurangan. Oleh karena itu harus dipersiapkan sampai tuntas, ujar mantan Sekretaris DPRD Kabupaten TTU.

Pantauan media ini kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Badan Saksi Provinsi, Muhamad Ansor yang juga Anggota DPRD NTT Fraksi Golkar Dapil Kota Kupang, Tim Trainer dari Provinsi, Mantan Ketua KPU Kota Kupang Marianus Minggo dan Hironimus Jhoni Tulasi yang juga mantan Ketua KPUD TTU.

Kegiatan ToT juga dihadiri oleh pasangan calon bupati wakil bupati Drs. Juandi David dan Drs. Eusabius Binsasi dan perwakilan partai pengusung Paket Desa Sejahtera yakni partai Golkar, PKB dan Gerindra.(Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *