Perkuat Penanganan Covid-9, Pemkot Kembali Pantau Progres  Vaksinasi Di Dua  Puskesmas

Kupang,sonafntt-news.com. Dalam rangka memperkuat penangangan  covid-19, Pemerintah Kota Kupang (Pemkot) melalui Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man bersama Forkopimda Kota Kupang kembali melakukan pemantauan dan pengendalian hasil vaksinasi Covid 19 di 2 Puskesmas di Kota Kupang.Puskesmas yang dikunjungi antara lain; Puskesmas Penfui dan Puskesmas Naioni yang bekerjasama dengan Polres Kupang Kota tengah melaksanakan vaksin bagi masyarakat di Kelurahan Manulai II. Turut hadir Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana P. T Binti, SIK, Kasdim 1604/Kupang, Letkol Inf Sugeng Prihatin Sos, M.Sc, M.Tr, serta Lurah dan Kepala Puskesmas setempat, jumat 4 Agustus 2021.

 Pantauan media ini, Puskesmas Naioni sedang melaksanakan vaksinasi di pelataran SD Pelangi Manulai II bagi warga di lingkungan RT 7, 8 dan 9 RW 3 Kelurahan Manulai II. Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Meky Bola selaku Ketua RW 3 Kelurahan Manulai II. Dijelaskannya program vaksinasi bagi masyarakat di RW 3 dapat terlaksana berkat kerja sama dengan Polres Kupang Kota dan Puskesmas Naioni. Menurut Ketua RW 03 target vaksinasi dosis 1 tersebut berjumlah 300 orang dilaksanakan dalam waktu 1 hari. 

Sementara sesuai informasi yang diperoleh jumlah sasaran vaksinasi Covid 19 baik jenis Sinovac maupun Astrazeneca di Puskesmas Naioni yakni  9.199 orang yang masuk kategori umum dan lansia. Wilayah pelayanan Puskesmas Naioni meliputi Kelurahan Naioni, Batuplat dan Manulai II. Kelurahan Manulai II jumlah sasaran penerima 3.232 orang dengan 730 orang yang telah menerima vaksin, kelurahan Naioni jumlah penerima vaksin 1.964 orang dengan 422 orang yang telah menerima vaksin dan kelurahan batuplat jumlah penerima vaksin 4.003 orang dengan 519 orang yang telah divaksin. Puskesmas Naioni masih kekurangan 110 vial dosis vaksin yang selanjutnya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Kupang untuk pemenuhan kebutuhan vaksin. 

Selanjutnya pada pemantauan pada Puskesmas Penfui yang sedang melaksanakan vaksinasi Covid 19 dosis 2 jenis sinovac dan Astrazeneca, informasi yang diperoleh target vaksin per hari adalah 100 orang. Wilayah pelayanan Puskesmas Penfui mencakup kelurahan Penfui, Naimata dan Maulafa dengan sasaran penerima vaksin berjumlah 5.019 orang. Jumlah penerima vaksin yang terdata adalah 4.074 orang dan sisanya 945 orang yang belum divaksin. Menurut Kepala Puskesmas, dr. Maria Stephani, jumlah vaksin yang tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan di Puskesmas Penfui. 

Wawali pada kesempatan menjelaskan bahwa untuk memperkuat penanganan covid-19 bahkan memutuskan mata rantai wabah covid  di Kota Kupang  kami terus bergerak dengan mengoptimalkan potensi yang ada.Salah satu upaya yang dilakukan memastikan pelaksananan  vaksin di seluruh layanan kesehatan maupun tempat lain layak dilakukan vaksin dengan tujuan mendukung progran pemeribtah pusat dalan percepatan penangangan covid-19.

“data penerima harus dicocokkan dengan pelayanan kesehatan lain di sekitar puskesmas, misalnya kegiatan vaksinasi oleh TNI/Polri, Kejaksaan dan sebagainya. Hal ini untuk mengetahui berapa banyak warga di  kelurahan yang telah melakukan vaksinasi di luar wilayah kerja puskesmas tersebut. Sehingga informasi mengenai kebutuhan vaksin di puskesmas dapat terdata dengan baik.”tutur Hermanus Man.

Lanjut Wawali, kiranya  ketersediaan vaksin dapat didata dengan baik sehingga 70% hingga 80% masyarakat sudah bisa menerima vaksin baik dosis 1 maupun dosis 2.

Wawali juga meminta kepada Dinas Kesehatan Kota Kupang agar selalu berkoordinasi baik dengan Puskesmas di Kota Kupang untuk memantau setiap kebutuhan yang diperlukan. Wawali juga menegaskan agar puskesmas memprioritaskan pelayanan vaksinasi covid 19 bagi masyarakat di wilayah kerja masing-masing.  (tim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *