Perkuat Penanganan Covid,  Pemprov NTT Resmikan Gedung ICU   di RSJ Naimata Kupang

Kupang,sonafntt-news.com.  Dalam rangka memperkuat penanganan bahkan memutuskan penyebaran covid-19, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov) NTT resmikan Gedung ICU di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Naimata.

Pantauan media ini, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang langsung meresmikan Gedung ICU tersebut Turut hadir hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT dan Jajaran pejabat lingkup RSJ Naimata Kupang, Sabtu,18/8/2021.

Gubernur NTT Viktor  Bungtilu Laiskodat dalam arahannya mengatakan bahwa untuk meningkatkan pelayanan publik terutama mempercepat penanganan wabah covid-19 maka perlu dihadirkan sebuah gedung ICU sesuai ketentuan yang berlaku dengan prinsip memberikan memberikan perlindungan kesehatan bagi warga NTT.

“Kita tentunya berbahagia karena dalam kondisi sulit di masa pandemi 19 ini kita masih bisa menghadirkan sebuah Fasilitas Gedung Intensive Care Unit atau ICU Covid 19 sebagai fasilitas pelayanan kesehatan untuk melayani masyarakat NTT,” ujarnya.

“Kesehatan merupakan bidang yang sangat vital dan penting sekali. Semuanya ini harus juga didukung oleh sarana penunjang lainnya serta kita harus punya SDM yang memadai dan memiliki kualitas serta profesional. Ini adalah bagian dari tugas yang mulia,” jelas Gubernur.

“Kita harus baik dalam perencanaan dengan peningkatan profesionalitas SDM. Rencana harus matang dan dalam tugas pelayanan kita jangan tunggu ada uang dulu baru kita mau kerja,” tegasnya.

Dalam acara tersebut Gubernur meminta agar kualitas pelayanan harus juga sesuai standar. Gedung ICU bagus juga perlu pelayanan dengan standar yang baik. Tenaga medis harus punya sikap kepedulian yang tinggi baik dokter dan juga perawat yang ramah bagi pasien.

“Mantan Gubernur dr. Ben Mboi pernah bilang ke saya bahwa perawat dan dokter yang menerima dan melayani pasien dengan memberikan sikap yang ramah dan murah senyum saja itu sudah sangat membantu pemulihan kesehatan bagi orang sakit. Ini yang kita mau, bukan hanya saja kerja karena profesi melainkan memaknai pekerjaan kita sebagai pelayanan pada Tuhan,” ungkap beliau.

Gubernur juga meminta agar di Rumah Sakit Jiwa Naimata tersebut didesain dan ditata dengan baik lingkungan sekitarnya agar dapat dilihat dengan indah dan menawan diantaranya membuatnya lebih hijau dengan menanam beraneka ragam tanaman serta pohon dan juga ada hiasan air mancurnya.

“Desain rumah sakit dengan baik ada air mancur, tanaman beraneka ragam, pohon- pohon itu juga memberikan dampak positif pada psikis seorang pasien. Membuat pasien senang dan membantu proses kesembuhan. Sekali lagi saya mau kita ubah perspektif kita bahwa rumah sakit ini adalah tempat pemulihan kesehatan bukan sebagai tempat-tempat orang sakit,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan NTT dr. Maserasi Ataupah mengucapkan apresiasi pada Pemerintah Provinsi NTT yang sudah mengadakan pembangunan gedung ICU Covid 19 tersebut.

“Terima kasih pada Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur serta DPRD NTT yang sudah mendukung Pembangunan Gedung ICU dan hari ini diresmikan. Dengan adanya gedung ini juga menurut teman-teman dokter sungguh sangat membantu mereka dalam menjalankan tugasnya,” ujar dr. Mese.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *