PLT Desa Builaran Minta Warga Gunakan BLT Sesuai Kebutuhan.

Malaka,Sonafntt-news.com.Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan salah satu bantuan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa Dan Daerah Tertinggal akibat pandemik covid-19 dengan tujuan memberikan keringanan memenuhi kebutuhan hidup bagi masyarakat kurang mampu.

“BLT yang diberikan oleh pemerintah harus benar-benar digunakan sesuai kebutuhan agar memberikan dampak positif terutama memenuhi kebutuhan keluarga di tengah pandemik covid -19 dan sebagai solusi mengurangi persoalan sosial ditengah masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh penjabat Kepala Desa Builara Yohanes Bria, ketika menyalurkan bantuan langsung tunai kepada 105 KPM tahap satu gelombang ketiga yang dialokasikan melalui dana desa.

Pantauan media ini, kegiatan ini berlangsung di kompleks kantor Desa Builara Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka,jumat 31/7/2020.

Yohanes Bria menjelaskan bahwa penyaluran BLT tahap I fase III merupakan tahap terakhir dengan alokasi dana 10 persen dari dana desa dan sesuai ketentuan setiap Kelompok Penerima Manfaat (KPM) akan menerima dana Rp. 600.000., dan akan dilanjutkan lagi tiga bulan berikutnya, dengan nominal uang yang akan diterima 50 persen dari 600 ribu, yakni 300 ribu perbulan bagi KPM dan itu sudah diatur lewat kebijakan pemerintah pusat dan kita di desa sudah melakukan perubahan APBDES.

Selain untuk alokasi dana BLT dan merujuk terhadap ketentuan yang ada di alokasikan anggaran untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) covid-19 seperti masker, henzaineteser serta sabun dan tempat penampungan air bersih serta anggaran kebutuhan akomodasi bagi tim posko relawan covid-19.

Yohanes Bria menegaskan agar bantuan yang diberikan kepada 115 KPM, lewat bantuan dana desa sekiranya, digunakan untuk menunjang daya beli kebutuhan dalam rumah tangga seperti belanja beras,lauk pauk dan kebutuhan lainnya karena bantuan ini negara kasi lewat kebijakan pemerintah, untuk membantu di tengah mewabahnya virus covid-19, sehingga harus benar-benar dimanfaatkan.

“ia juga berharap kepada pemerintah pusat dan daerah, agar BLT yang bersumber dari dana desa dilanjutkan guna membantu masyarakat kurang mampu terutama memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari sebagai wujud nyata mendukung kelangsungan hidup di tengah wabah covid-19 yang kian belum dan berakhir.

Langkah lain yang harus diperhatikan bersama yakni membangun pola hidup sehat dari sendiri,keluarga dan lingkungan tempat tinggal serta membangun kerjasama dengan seluruh sektor untuk mendukung percepatan penanganan covid-19.( FB/Rep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *