Program Asesmen Nasional Sebagai Solusi Tepat Untuk Mengetahui Pemetaan Mutu Satuan Pendidikan

Kupang,sonafntt-news.com.Program Asesmen Nasional yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu langkah strategis serta  sebagai solusi tepat untuk mengetahui Pemetaan Mutu Pendidikan secara baik dan benar sesuai ketentuan yang berlaku pada satuan pendidikan yang bersangkutan. 

Demikian pernyataan Kepala LPMP Provinsi NTT Drs. Muhammad Irfan, MM saat ditemui awak media di ruang kerjanya, selasa 12/10 /2021.

 Drs. Muhamad Irfan,  MM   menguraikan bahwa asesemnt merupakan salah satu pilihan tepat  guna mengetahui mengetahui perkembangan guru dan dan siswa pada satuan pendidikan bersangkutan.

 ‚ÄúTahapan asesmen yang dilakukan  pada satuan pendidikan dilakukan  peserta (siswa) yang diambil  secara acak sesuai data dapodik dari kementerian dan Asement nasional yang dilakukan pada satuan pendidikan bukan menentukan kelulusan siswa namun  hanya untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan pada sekolah bersangkutan sesuai kriteria yang ditetapkan “

Sambungnya, Hasil asesmen Nasional  selanjutnya dikirim pihak kementerian Pendidikan untuk diproses sesuai tahapan yang berlaku dan  jika ditemukan kekurangan akan dilakukan evaluasi dan untuk menyusun kerja sebagai perbaikan di tahun berikutnya. yang titik fokusnya pada hasil belajar anak”ungkapnya.

 Dalam kesempatan itu,  Lembaga penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi NTT mengapresiasi pelaksanaan asesmen Nasional pada seluruh satuan pendidikan  yang tersebar 22 Kabupaten/Kota  meskipun di tengah pandemik covid-19 sejauh ini  tahapan asesmen berjalan  dengan baik pada SMA dan SMP sedangkan untuk Sekolah Dasar ditargetkan bulan depan.  

 Muhamad irfan, menambahkan,   LPMP mendukung penuh   pelaksanaan     Kegiatan belajar mengajar  secara langsung namun pengawas sekolah  normal menjalankan tugas pada bulan november dan desember jika kasus covid sudah menurun. Selain itu, yang  harus ingat yakni mematuhi protokol kesehatan  guna menekan penyebaran covid-19   sehingga aktivitas kedepan kembali benar-benar normal  (Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *