PROLIGA “Program Listrik untuk Buah Naga”, Dari PLN Untuk Petani Yang Lebih Produktif

kefamenanu,sonafntt-news.com.Dengan Program “Electrifying Agriculture”, PLN terus mendorong peningkatan produktivitas pelaku usaha di sektor pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan sebagainya Seperti yang dilakukan oleh PLN UIW NTT melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli memberikan bantuan 460 lampu, Instalasi air dan Pemasangan Listrik Baru senilai Rp 130 juta guna meningkatkan produktivitas petani buah naga di Desa Nunmafo Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara yang dikemas dalam bentuk program PROLIGA “Program Listrik untuk Buah Naga”.

“Kami ingin TJSL kami, yaitu PLN Peduli dapat memberikan kontribusi secara berkelanjutan dan membuat masyarakat semakin sejahtera khususnya di Kabupaten TTU dan dengan meningkatnya produktivitas tentu akan meningkatkan kesejahteraan serta membentuk kemandirian ekonomi masyarakat.” tutur General Manager PLN NTT, Agustinus Jatmiko.

‘PROLIGA’ melalui elektrifikasi pertanian buah naga ini dilakukan untuk meningkatkan produksi buah naga di luar musim panen. Peningkatan produksi dilakukan dengan cara memberikan aliran listrik di malam hari dan di setiap pohon untuk membantu proses panen buah naga agar lebih cepat dan lebih baik.

“Program ini terinspirasi dari inovasi Kelompok Tani di Pulau Jawa-Banyuwangi yang juga sudah bekerjasama dengan PLN. ‘PROLIGA’ ini merupakan modernisasi pertanian dengan menggunakan listrik, dengan lahan terbatas bisa meningkatkan produktivitas buah naga hanya dengan pemberian lampu di setiap malam,” Tambah Jatmiko.

Bupati TTU, Drs. Juandi David mengungkapkan apresiasi atas bantuan yang diberikan bagi petani buah naga. “Pada kesempatan kali ini, saya bersama GM PLN UIW NTT melakukan kunjungan kerja dan prinsipnya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sementara yang kita ketahui bersama,PLN selama ini kita lihat selalu menebang pohon untuk menjaga keandalan jaringan listrik tetapi PLN juga mencintai alam, tumbuhan dan perkebunan. Contohnya malam ini kita menyaksikan sekaligus sempat menanam anakan pohon sebanyak 2000 lebih sumbangan dari PLN dan di Desa Fatoin ini, PLN memberikan perhatian kepada kelompok tani buah Naga untuk meningkatkan produktivitas buah naga. Dimana buah naga yang disinari lampu akan meningkatkan Kualitas dan kuantitas buah naga. Kami harap kedepannya tidak hanya 1 kelompok tani saja tapi bisa diikuti oleh kelompok yang lainnya” pungkas Bupati

Lanjut Bupati, “Kami ucapkan terima kasih kepada GM PLN dan jajaran yang memberikan perhatian kepada masyarakat, Semoga melalui penanaman buah naga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat TTU khususnya di Kecamatan Insana,” ucapnya

Sementara itu, Perwakilan Kelompok Tani Bapak Ignasius Neno Naisau Mengatakan “Saya mengucapkan terima kasih untuk PLN karena kami mendapatkan bantuan berupa lampu di kebun buah naga, dan malam ini sudah menyala. saat ini ada hampir 800 pohon buah naga di kebun kami. setiap panen rata – rata kami mendapatkan penghasilan sebesar 30 juta rupiah. dengan adanya lampu – lampu ini kami harap dapat meningkatkan produktivitas kebun buah naga ini.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *