Rektor Undana Resmi Kukuhkan Tiga Guru Besar Jadi Profesor

Kupang,Sonafntt-news.com.Rektor Universitas Nusa  Cendana (Undana) Kupang-Nusa Tenggara Timur,Prof. Dr. drh. Maxs Urias Ebenhaezer Sanam, M.Sc, resmi mengukuhkan tiga guru besar menjadi Prof diantaranya Prof.dr.Ir.H.Sudirman Syam, ST, MT, IPM, Guru besar Bidang Ilmu Mesin  Listrik, Prof.Dr.Kalfin  Rantelobo, ST, MT, IPM, Guru Besar  Bidang Ilmu  Teknik Telekomunikasi dan Prof.Lily  F.Ishaq, M.Phil.Ph.D, Guru besar  Bidang Ilmu Kesuburan  Tanah.

Kegiatan pengukuhan Guru Besar   berlangsung   di Aula Girha  Cendana. Turut hadit Ketua Senat Undana dan Jajaran, direkur Pasca Sarjana, Asisten 1 Setda Provinsi NTT, Pjs.walikota Kupang,unsur TNI dan Polri,  Pejabat Lingkup Universitas Nusa Cendana, dan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan, Selasa 21/11/2023.

Pantauan media, acara pengukuhan guru besar  di meriahkan oleh paduan suara  Mahasiswa Undana dan Tarian  kreasi asal Sulawesi.

Rektor Undana Prof. Dr. drh. Maxs Urias Ebenhaezer Sanam, M.Sc, dalam  sambutannya mengatakan bahwa pidato pengukuhan  dan penerimaan  yang telah disampaikan oleh ketiga Guru Besar   merupakan bentuk pertanggujawan akademik  seorang dosen yang telah berhasil  mendapat gelar Profesor  pada bidang  ilmu tertentu.

Menurutnya  pidato dari ketiga guru besar bertujuan agar pihak universitas (akademik)   dan seluruh lapiran masyarakat mengetahui secara baik kompetensi  dan kemampuan profesesor tersebut yang diwujudkan melalui  kristalisaai pemikiran  dalam nuansa ilmiah sesuai bidang ilmu yang di tekuninya.

“Pidato yang  di sampaikan mencerminkan pola pemikiran baru  berdasarkan hasil penelitian yang diaplikasi sebagai bentuk sumbangan dalam mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan kehidupan sosial masyaraka” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor Undana juga menguraikan penelitian yang dihasilkan oleh tiga guru besar  baik bidanh ilmu mesin listrik, bidang Ilmu  teknik  Telekomunikasi  da  ilmu Kesuburan tanah tentu sangat membantu peningkatan pembangunan daerah. “Riset dan kara-karya ilmiah yang di hasilkan sangat bermanfaat dan menjawab kebutuhan  NTT yang memiliki cirikhas sebagai daerah lahan kering  kepulauaan bahkan sangat membantu  untuk kemajuan bangsa dan daerah”

Ia juga menrrangkan Tahun  2023guru besar yang d kukuhkan   banyak dari Fakultas Pertanian, Peternakan,  dan menjadi tugas bersama  kedepan  harus menciptakan guru besar di Fakultas  Hukum, Fisip dan FKIP hingga  saat ini  jumlahnya masih kurang.

Kehadiran  Prof.sebagai lokomotif  dan atmosfir di dunia universitas terutama pada disiplin yang di tekuni. “ pasca pengangkatan sebagai Profespr  kiranya  ke kedepan  merukuskan inovasi baru  untuk  melangkukan langkah-langkah konkrit  di proram.studi masinf -masing sebagai wujud mendukung perkembangan ilmu pengetahuan” ungkapnya.

 Ia menegaskan momet bahagia ini kiranya memberikan spirit baru bagi para dosen dan mahasiswa sebagai agen perubahan  agar lebih tekun belajar sesuai disiplin ilmu yang dijalani sehingga kedepan menjadi generasi yang berprestasi,unggul dan harus berani tampil dan mampu berkompetisi dengan negara luar dengan target memberikan dukungan ril untuk kemajuan pembangunan di  segala aspek  termasuk pendidikan yang memiliki   peran stategis.

Atas nama Universitas Nusa Cendana saya menyampaikan terima kasih  untuk oramgtua dan keluarga serta semua  pihak yang telah mendukung ketiga guru besar mengikuti semua tahapan dengan baik  dan hari ini mereka dikukuhkan menjadi profesor.

Sementara Prof.dr.Ir.H.Sudirman Syam, ST, MT, IPM, usai pengukuhan menerangkan  salah satu kunci utama menjadi sukses dalam bidang tertentu yakni ketekunan, sebagai contoh jika kita  tekun menulis jurnal internasional  dan  rajin meneliti.Selain  itu, setiap hasil penelitian  syaratnya harus dipublikasi.

 “ Mari manfaatkan peluang melalui LLDikti dam gunakan  waktu dengan efektif dengan menulis dan harus militan  mengikuti semua tahapan dengan baik tentu akan mendapatkan hasil yang terbaik” ungkapnya.

Ia menegaskan  jurnal yang dhasilkan harus karya sendiri sehingga memberikan manfaat baru bagi generasi baru  serta mendukung perkembangan ilmu pengtahuan di masa mendatang. (Mf/SN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *