Siap sukseskan Pilkada 2020, KPU Malaka Gelar Bimbingan Teknis Bagi 12 PPK.

Malaka,Sonafntt.news.com. Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang akan digelar 9 Desember mendatang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malaka menggelar Bimbingan Teknis( Bimtek) bagi 12 Panitia Penyelenggara Pemilu tingkat Kecamatan (PPK) dengan tujuan memberikan pemahaman secara baik dan benar tentang Tahapan Pilkada baik tingkat kecamatan maupun desa.

Kegiatan ini berlangsung di Aula susteran SSPS Kabupaten Malaka dengan melibatkan PPK dari 12 Kecamatan dalam lingkup Malaka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Selasa 7/7/2020.

Kegiatan ini sebagai salah satu bagian dalam pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 dan untuk setiap tahapan tentu kami selalu mengikuti ketentuan yang berlaku dan siap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan merujuk pada PKPU no 5 tahun 2020 pasal 8C ayat 1 dan 2, tentang tahapan penyelenggaraan pilkada serentak 9 desember tahun 2020. dimana setiap tahapan yang sifatnya mengumpulkan massa harus disesuaikan dengan protokol kesehatan di tengah mewabahnya virus covid-19″

Langkah ini tentu didukung Keputusan Menteri Dalam Negeri alokasi anggaran tambahan melalui dana hibah, sesuai permendagri no.41 tahun 2020 pasal 14 dan 17 tentang anggaran pilkada yang bersumber dari APBD, untuk penanganan virus covid -19 berupa, alat pelindung diri seperti masker, alat tes suhu atau rapid test serta Hand sanitizer, ketika melakukan pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Malaka Makarius Bere Nahak usai kegiatan bimtek.

Ia lebih lanjut menjelaskan Bimbingan Teknis yang melibatkan 12 PPK lebih fokus membahas pemutakhiran data pemilih, sebagai persiapan untuk melakukan bimtek terhadap PPDP akan melakukan pemutakhiran data pemilih.

Sementara berkaitan dengan Kegiatan yang akan dilakukan oleh PPDP nanti itu akan dilakukan dengan cara door to door atau mengunjungi dari rumah ke rumah untuk mencocokkan data pemilih. Tujuannya untuk memastikan Pemilih memenuhi syarat atau pemilih tidak memenuhi syarat,ā€¯katanya.

Ia menambahkan semua kegiatan berjalan dengan baik dan tetap mengikuti protokol kesehatan, dengan menggunakan masker saat bimtek namun karena ada peserta bimtek yang tidak nyaman dengan kondisi di dalam ruangan, makanya mereka tidak menggunakan masker tersebut tuturnya.(Fabi/Rep).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *