Soal Urusan Veteran di Belu, Agus Pinto : Saya Mendukung Polres Belu Untuk Menuntaskannya.

Atambua,Sonafnttnews.com– Munculnya banyak masalah yang berhubungan dengan pengurusan calon Veteran di Kabupaten Belu, mendapat tanggapan dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Belu dari Partai Gerakan Indonesia Raya ( Gerindra ) Agus Pinto, menyatakan dukungannya kepada pihak kepolisian Resort Belu untuk menuntaskannya.

” Saya sangat mendukung langkah Polres Belu dalam menuntaskan masalah Veteran ini. Sebab, ada penyalah gunaan tugas dan wewenang yang dilakukan oleh pihak tertentu dalam pengurusan Veteran ini,” Ungkap Agus Pinto kepada awak media, di Kantor DPRD Belu, Rabu ( 2/6/2011 ).

Menurutnya, persoalan itu dikarenakan diduga ada penyalah gunaan tugas dan wewenang serta jabatan dari Ketua Markas Cabang ( Macab ) LVRI Legion Veteran Belu inisial FA dalam pengurusan Veteran.

” Saya bilang Veteran di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini sudah dibekukan.jadi, FA itu hanya kelola untuk konsolidasi anggota saja.soal Surat Keputusan (SK) Veteran yang sudah ada itu silahkan.tapi, kalau rekrut baru itu tidak ada dan Veteran yang direkrut itukan banyak yang memiliki dokumen palsu.

Menurutnya, kesalahan itu terlihat dari harus adanya perwakilan kaminifet yang bertugas di Belu dengan berkantor di Kodim 1605 Belu atau tempat lainya yang mempunyai hak mempersiapkan soal calon Veteran ( artinya orang lamar di dia ) bukannya di urus oleh Legion di sini, dikarenakan legion di sini hanya menerima kalau sudah menjadi Veteran.

” Jadi Orang yang sudah lolos Veteran baru daftar di legion.bukannya Macab yang urus rekrut.jadi, FA buat rekrut sekarang itu salah dan otomatis akan ada sangsi buatnya.

Itukan orang sudah lapor FA dikepolisian to, soal rekrut orang trus pungut orang dengan biaya tertentu dan itu terlalu banyak persoalannya,” Pintanya.

Terkait pertemuan di Haliwen beberapa waktu lalu, pihaknya membenarkan itu dan pertemuan itu sebatas melakukan konsolidasi terkait masah Veteran dan belum membicarakan soal pemilihan Ketua Macab LVRI Legion Veteran Belu yang baru.

” Itu pertemuan biasa saja…..dan kalau dari saya itu, jagan pilih ketua dulu, karena FA harus bertanggung jawab soal masalah yang banyak ini,walau masa jabatanya sudah habis.

Jadi, biar saja masa jabatannya sudah habis juga.dia harus bertanggung jawab soal ini, atas keuangan yang di ambil dari masyarakat karena banyak Veteran palsu. Veteran palsu terlalu banyak dan masa yang kelahiran 80-an saja bisa jadi,” Bilangnya.

Terkait pengurusan Veteran oleh Calo yang banyak disoroti, pihaknya mengatakan bahwa, dirinya tidak percaya jika FA tidak tau soal itu.

” Soal calo itu, masa Pa FA tidak tau soal itu ?

Dan mulai mengkrucut soal beberapa nama yang disiapkn untuk menjadi ketua menggantikan FA,dalam pertemuan di Haliwen itu, silahkan diurus saja….siapakah itu, sialahkan saja. namun yang pasti, ketua legion Veteran itu harus berpangkat minimal Mayor. kalau Pa FA tidak ada pangkat tu.

Dan soal kasus yang sedang ditangani di Polres itu, saya sangat mendukung Pa Ans Dakolo mereka.

Karena, perekrutan itu banyak yang dipungut biaya dengan korban yang sangat banyak. jadi, mereka harus bertanggung jawab soal itu karena, termasuk kategori penipuan. jadi itu harus diproses hukum.

Kalau Kita di DPRD, itukan diranahnya komisi I to…masalah itu sudah ditangani Polres Belu, jadi kita dukung Polisi 100 % untuk tuntaskan masalah itu,” Tutup Anggota DPRD Belu ini.( DF/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *