Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Belu Gelar Sosialisasi Pemilu Partisipatif

Atambua, SonafNtt – News.Com. Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu ) tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Kabupaten Belu menggelar sosialisasi pemilu partisipatif dengan menghadirkan sejumlah komponen di Kabupaten Belu Perbatasan RI – RDTL. 

Kegiatan yang bertempat di Hotel Matahari, Rabu ( 23 /11/2022 ) mengambil tema sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif, dengan stakeholder tahun 2022 kabupaten Belu. 

Dalam sambutannya, Ketua BAWASLU Kabupaten Belu, Andreas Pereira mengatakan bahwa, Hari ini Bawaslu mengajak semua elemen di Kabupaten Belu, untuk terlibat dalam pengawasan partisipatif, mengingat banyaknya potensi pelanggaran yang mungkin akan muncul dalam pemilu, selain itu Bawaslu juga punya keterbatasan baik dari jumlah personil sehingga, harapan kita dengan adanya pengawasan partisipatif, kita dapat bersama – sama melakukan pengawasan terhadap Pemilu.

” Pendidikan partisipatif ini juga, dilakukan di seluruh Indonesia dan kalau untuk NTT, Kabupaten Belu menjadi tuan rumahnya.

Perempuan harus punya kesadaran bahwa mereka harus bisa. Bawaslu kemarin dengan 100 orang berusaha mencetak kader, dalam rangka melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang peran perempuan dalam Demokrasi mengingat, mereka sudah diberi ruang oleh undang undang sebesar 30 persen,” Pinta Ketua Bawaslu Belu Ini.

Lanjut Pria yang akrab disapa Andre ini, atas kehadiran dari kita semua,kami mengucapkan terimakasih. untuk kedepan, kita akan bersama melakukan pengawasan terhadap Pemilu sehingga dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

Kami juga mengucapkan Limpah terima kasih kepada Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi NTT atas kepercayaannya pada kami sebagai tuan rumah,” Tukas Ketua Bawaslu Belu ini.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Provinsi NTT Koordinator divisi penyelesaian sengketa, Noldy Tadu Hungu dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi pengawasan partisipatif ini dilakukan dalam rangka konsolidasi semua stakeholder dalam rangka Pemilu 2024.

” Karena Pemilu kita ini akan dilaksanakan Pada hari kasih sayang ( 14/2/2024  ) sehingga harapannya dapat berjalan dengan penuh kegembiraan dan baik.

Sesuai dengan tahapan saat ini, KPU sedang lakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, dengan harapan agar pemilih yang belum terdata dapat didata.

Juga , dari KPU sedang lakukan Verifikasi Faktual ( Verfak ) kepada Partai peserta Pemilu. kalau bapak/ ibu menemukan adanya pencatutan nama oleh Partai, maka silahkan dilaporkan untuk diproses,” Ujarnya.

Lebih lanjut Komisioner Bawaslu NTT ini mengatakan, pada pencegahan karena Bawaslu punya keterbatasan jumlah personil , untuk itu pengawasan partisipatif dibutuhkan.

” Semakin banyak stakeholder yang terlibat,maka akan dapat mewujudkan Pemilu yang damai dan sejuk. 

Oleh sebab itu, pengawasan partisipatif sangat kita harapkan, dalam rangka menghasilkan pemilu yang berkualitas.

Tujuan dari kegiatan ini, agar dapat meningkatkan pengawasan yang bersifat partisipatif kepada masyarakat agar bisa secara bersama – sama kita awasi Pemilu ini ,” Tutup Komisioner Bawaslu NTT ini.

Untuk diketahui, kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya,kemudian dilanjutkan dengan sambutan – sambutan, setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian materi yang diikuti oleh sejumlah pihak yang hadir dalam kegiatan itu, Antara lain Tokoh Masyarakat, PMKRI Atambua, GMNI Belu, Pemuda Katolik Komcab Belu, Pena Batas RI- RDTL, KOMPAS Belu, WKRI Belu, Legio Maria, Persit 1605 Belu, Bhayangkari Polres Belu, Tim Penggerak PKK Belu, Majelis Ta’lim, Masjid Al- Mujahidin Atambua, FPPA Belu, Para Pelajar SMA, dari Polikarpus,Imam Masjid, Pastor Paroki di Katedral , Tukuneno dan Fatubenao, Bsf Difabel Belu dan Bawaslu Belu.

Narasumber dalam kegiatan ini, Alwan Ola Riantobi ( narasumber Bawaslu Nasional ), Anggota Bawaslu Provinsi NTT Koordinator divisi penyelesaian sengketa, Noldy Tadu Hungu dan Ketua Bawaslu Belu, Andreas Parera. ( DF/ SN ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *