Sukseskan Program Revolusi 5 P, Pemkab Kupang Panen Padi Bersama kelompok Tani Sodamolek

Kupang, Sonafntt-news.com. Pemerintah  Kabupaten Kupang melalui  Sekretaris Daerah Ir.Obet Laha,  bersama Kelompok Tani Sodamolek melakukan panen padi perdana  bersama di Desa  Manusak Kecamatan Kupang Timur. Kegiatan ini merupakan salah satu dukungan riil masyarakat untuk mensukseskan  program  revolusi 5 P.

Turut hadir  Staf Ahli Bupati Kupang Pandapotan Siallagan, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten   Kupang Amien Djuariah, Kapolsek Kupang Timur Viktor Adi Saputra, Kades Manusak Arthur Ximenes beserta jajarannya, Ketua BPD Desa Manusak Apoli Ferera, tokoh agama serta masyarakat desa Manusak, Kamis, 28 April 2022 

Dalam sambutannya, Sekda Obet Laha menguraikan bahwa  panen padi perdana yang digelar hari ini merupakan sebuah langkah maju untuk mensukseskan  program revolusi 5P dan salah satunya  revolusi di bidang Pertanian. Selain itu, adanya  revolusi   di bidang Perkebunan, Peternakan, Perikanan dan  Pengembangan Pariwisata yang menjadi lokomotif Pembangunan Daerah di Kabupaten Kupang demi mewujudkan masyarakat maju, mandiri dan sejahtera. yang dicanangkan oleh  Bupati dan  Wakil Bupati Kupang Drs.Korinus  Masneno dan Jerry Manafe,SH,M.Th

Kami  mengapresiasi kerja keras dari Ketua dan seluruh badan pengurus kelompok Tani Sodamolek yang dengan berbagai keterbatasan telah berhasil mewujudkan Revolusi 5P di tempat ini. Hal ini perlu diteladani oleh kelompok Tani lainnya dalam penerapan konsep pertanian yang efektif dan produktif. 

“Dengan kegigihan dan semangat serta kerja keras, saya yakin kita akan mampu menjadikan kabupaten  Kupang sebagai daerah yang sukses di semua bidang termasuk pertanian. Segera selesaikan segala kekurangan dan keterbatasan yang ada demi mencapai keberhasilan”, jelas Obet. 

Sekda kabupaten  Kupang mengakui bahwa kemajuan yang terjadi di bidang pertanian merupakan sinergi bersama seluruh komponen. Dirinya menyatakan bahwa semua sumber daya yang ada di kabupaten  Kupang akan dicurahkan ke bidang pertanian,  perkebunan, peternakan, pariwisata dan perikanan. Kekurangan pada aspek irigasi, aspek produksi, pupuk, bibit dan saprodi, aspek pasca produksi, nilai dan pasar komoditas, segera diselesaikan dalam tahun ini juga. 

Sekda juga meminta Kadis Pertanian, Perkebunan dan Ketahanan Pangan kabupaten Kupang untuk bisa memperhatikan hal ini secara serius. Dirinya memastikan bahwa dalam tahun ini dan tahun depan, bendungan raknamo sudah bisa dimanfaatkan sepenuhnya untuk pertanian. 

Sementara,  Ketua Pok Tani  Sodamolek Malton A. Ulu merasa bersyukur atas segala dukungan Pemkab Kupang melalui program yang sudah dikelola oleh kelompok Tani yang dinikmati hari ini. Dirinya mengakui bahwa melalui pengalaman panen saat ini, masyarakat dan kelompok Tani Sodamolek ingin merasakan apa yang dirasakan kelompok Tani lainnya. “Semoga bisa ada perubahan kedepannya. Karena saat ini panen masih dilakukan secara manual.”

Camat Kupang Timur, Denny Tadoe menjelaskan, dalam bidang pertanian di kabupaten  Kupang khususnya masyarakat Kecamatan  Kupang Timur telah melakukan program Bupati dan Wabup yaitu Revolusi 5P khususnya bidang pertanian. Apalagi curah hujan tahun ini cukup baik sehingga hampir semua lahan kosong dapat dikelola dengan baik. 

“Kami siap sukseskan seluruh program Pemkab Kupang terkhusus  program Revolusi 5P. Kiranya Pemkab Kupang juga bisa melihat potensi besar yang ada di kec. Kupang Timur sehingga bisa menjadi catatan penting bagi desa Oebobo ”  tegas  Camat Kupang Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *