Tekan Angka Penyebaran Covid-19, Dinkes Kota Kupang Gelar Swab PCR Masal Bagi A-DPRD dan Masyarakat

Kupang,sonafntt-news.com.Dalam rangka menekan angka bahkan memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 Dinas kesehatan bersama satuan tugas (satgas) gencar melakukan tracking dan swab PCR kepada bagi Anggota DPRD Kota Kupang dan masyarakat, Selasa (9/2/2021).

Hal ini dilakukan oleh pemerintah kota kupang melalui dinas kesehatan (Dinkes) untuk mencegah dan mendekteksi lebih detail penyebaran covid-19 di kota Kupang yang kian meningkat.

Kepala Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kupang Sri Wahyuningsih, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan penyebaran covid-19 di kota Kupang berdasarkan data yang valid dan menekan penyebaran covid-19 melalui tes swab PCR secara massal.

Kegiatan ini juga mengacu terhadap data berdasarkan nomor induk sesuai daftar kependudukan yang warga milik. Sedangkan terkait petunjuk teknis (juknis), menyampaikan hingga kini pihaknya belum menerima juknis resmi dari kementrian kesehatan.

“Untuk daftarnya kami belum terima juknisnya dari kementrian. Tetapi sesuai pengalaman, kami menggunakan nomor induk kependudukan” ujar Sri kepada wartawan, Selasa (9/2) di gedung DPRD kota Kupang.

Ia menjelaskan, target untuk tracking kali ini sebanyak 250 sampel dan hingga pukul 12.30 WITA baru terkumpul 207 sampel swab dan hasilnya bisa di dapat pada seminggu kedepan.

“Sampelnya dikirim ke Surabaya untuk diperiksa. Hasilnya bisa 3 hari sampai satu Minggu kedepan” sambung Sri.

Sri juga menghimbau agar bagi warga yang kontak erat untuk bisa melakukan isolasi mandiri, sedangkan, bagi warga yang telah melakukan tes, pihaknya akan melakukan pemantauan bersama satgas tingkat kelurahan sambil menunggu hasil pemeriksaan dari laboratorium, Surabaya. (SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *