Tim Pembina Samsat NTT Serukan Disiplin Dalam Berkendaran

Kupang,Sonafntt-news.com.  Tim Pembina Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Provinsi NTT, menghimbau agar masyarakat selalu disiplin dalam berkendara, disamping mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan melakukan registrasi dan identifikasi kendaraannya. Pada kesempatan ini juga diharapkan masyarakat memanfaatkan apa yang sudah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini, yaitu Tax Amnesti.

Hal ini mencuat saat Tim Pembina Samsat NTT yang terdiri dari Kepala PT Jasa Raharja Cabang NTT, Muhammad Hidayat, Direktur Lalu Lintas Polda NTT, Kombes Pol. Rahmat Hakim, S.I.K., M.H, serta Kepala BPAD Provinsi NTT, Alexon Lumba sebagai nara sumber pada Podcast Pos Kupang pada Rabu (31/8/2022), dengan host Ferry Jahang.

Dengan mengusung  tema Menuju NTT Tertib Berlalu Lintas, Taat Pajak dan Peduli Keselamatan Berkendara. Pada kesempatan tersebut Kepala BPAD Provinsi NTT, Alexon Lumba menegaskan,  Tax Amnesti atau keringanan pajak bagi masyarakat, sangat berdampak positif bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya dari pajak kendaraan bermotor.

“Tax Amnesti kendaraan bermotor ini, digunakan untuk  untuk membangun kembali NTT,  dengan sadar  menggunakan jalan, tetapi kita juga sadar untuk membayar pajak, sehingga dengan pajak yang ada kita bisa membangun kembali jalan-jalan yang rusak,” kata Alexon Lumba.

Kesempatan yang sama Direktur Lalu Lintas Polda NTT, Kombes Pol. Rahmat Hakim mengingatkan pentingnya Tertib dalam berlalu lintas, baik saat berjalan di jalan raya maupun dalam hal registrasi dan identifikasi kendaraan sampai dengan membayar pajak dan membayar Sumbangan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas (SWKLL), karena itu semua dari kita untuk kita. 

“Terkait  implementasi ketentuan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 khususnya Pasal 74 tentang penghapusan registrasi kendaraan bermotor, kita menghimbau agar seluruh masyarakat untuk taat dalam melakukan registrasi kendaraannya sehingga data kendaraan tidak dihapus dan menjadi kendaraan yang tidak layak jalan,” pungkas Rahmat Hakim.

Senada, Kepala PT Jasa Raharja Cabang NTT, Muhammad Hidayat  berharap Provinsi NTT ini sadar keselamatan berlalu lintas dan menjadikan tertib berlalu lintas sebagai budaya. Menurutnya untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan keterlibatan seluruh elemen masyarakat dan stakeholder termasuk insan media dan pers. Dalam menjawab harapan ini sehingga Jasa Raharja NTT menggandeng para   jurnalis untuk  menumbuhkan kesadaran berlalu lintas, sebagai budaya.

“Kami juga butuh insight untuk meningkatkan kepedulian masyarakat, dalam keselamatan berkendara serta memberikan inovasi-inovasi yang mungkin bisa kami butuhkan, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Muhammad Hidayat.

Disamping itu, tambah Muhammad Hidayat, melakukan  pemetaan langkah strategis, baik berbasis dari media dan publikasi, dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap jasa Raharja .

“Dan yang terakhir  manfaatkan kesempatan yang sudah diberikan oleh pemerintah, untuk melakukan dan memanfaatkan Tax Amnesti ini.   Keselamatan adalah nomor satu, sayangi keluarga anda berkendaralah dengan baik, sesuai dengan aturan semoga semuanya kita selamat sampai tujuan, karena keluarga menunggu di rumah,” ujar Muhammad Hidayat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *