Tingkatkan Kualitas Menu Kuliner, Pemkot Gelar Pelatihan Bagi Pedagang Ikan Di Kawasan Pantai Kelapa Lima

Kupang, Sonafntt-news.com. Pemerintah Kota  Kupang  melalui Dinas Pariwisata terus bergerak melakukan  langkah-langkah strategis  guna memberikan pelayanan yang terbaik dan salah satunya menggelar Pelatihan bagi pedagang  Ikan di Kawasan Pantai Kelapa Lima  dengan tujuan meningkatkan kualitas Menu Kuliner  yang disajikan bagi pengunjung sekaligus sebagai salah satu terobosan memicu pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Kota  Kupang.

Pantauan media ini, Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH., yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius Repelita Lega, SH., membuka kegiatan Pelatihan Kuliner bagi Pedagang Ikan di Kawasan Pantai Kelapa Lima. Pelatihan ini berlangsung selama 2 (dua) hari sejak hari ini tanggal 14-15 Juli 2022, belangsung  di Hotel Naka, Kamis (14/07). Turut hadir dalam pembukaan pelatihan yaitu perwakilan Dinas Perikanan Kota Kupang, Dinas Perindag Kota Kupang, Dinas Kominfo Kota Kupang, Dinas LHK Kota Kupang, Dinas Koperasi dan UKM Kota Kupang, Dinas Nakertrans Kota Kupang, perwakilan Camat Kelapa Lima, dan Sekretaris Lurah Kelapa Lima. 

Dalam sambutan Wali Kota Kupang yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius Repelita Lega, SH., menguraikan bahwa Pelaku UMKM termasuk pedagang Ikan merupakan salah  satu sektor yang memiliki peran strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi oleh katena itu   Pedagamg Ikan harus dibekali dengan wawasan dan ketrampilan yang memadai sehingga mampu memberikan kualitas dan hasil yang maksimal bagi siapa saja.

“Menu kuliner yang di geluti jika kualitasnya bagus tentu akan memberi semangat bagi pengunjung dan kedepan  membuka jalan  bagi  tamu-tamu wisatawan dari luar untuk datang ke Kota Kupang.Langkah ini juga sangat penting guna menubuhkan interaksi ekonomi  sekaligus menambah pendapatan bagi warga NTT dan khususnya Kota Kupang” ungkapnya.

Walikota Jefry Riwu Kore melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih telah menggas kegiatan ini dan kiranya pelatihan dimaksud memberiksn input untuk perkembangan usaha para pedagang ikan.

Diketahui Destinasi wisata Pantai Kelapa Lima yang telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo pada bulan Maret lalu ini di bangun agar dimanfaatkan menjadi tempat destinasi wisata kuliner maupun ekonomi kreatif lainnya. Wilayah Kota Kupang yang berbatasan dengan laut sangat potensial akan wisata Bahari, mengingat sebagian masyarakat Kota Kupang yang mata pencahariannya sebagai nelayan, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Kupang. 

Wali Kota juga memberikan imbauan kepada para pedagang ikan, pelaku ekonomi kreatif lainnya maupun masyarakat dan wisatawan untuk menjaga kawasan wisata ini sehingga dapat terus terjaga dengan baik. 

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Josefina M. D. Gheta, ST, MM., selaku ketua panitia menyampaikan tujuan pelatihan ini untuk memberikan edukasi dan ide-ide kreatif pada pedagang ikan sesuai dengan standar kebersihan dan kesehatan serta menciptakan kenyamanan bagi konsumen ikan segar. 

Ia berharap  pelatihan ini, diharapkan membantu meningkatkan pendapatan pedagang ikan di wilayah pantai kelapa lima. (Sn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *