Tingkatkan Kualitas Produk Lokal, Pemkot Kupang Indomaret Gelar pelatihan UMKM

Kupang,  Sonafntt-news.com. Pemerintah Kota Kupang mendukung penuh upaya PT. Indomarco Prismatama (Indomaret) menggelar pelatihan bagi pelaku UMKM di Kota Kupang. Dukungan tersebut disampaikan oleh Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH, saat membuka kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM yang digelar Indomaret sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR), di Aula Rumah Jabatan Walikota  Kupang, Kamis (09/03). 

Hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan PT. Indomarco Prismatama Cabang Kupang, Ridwan Syahroni beserta Manager, I Ketut Widjaharta dan jajarannya. Turut mendampingi Penjabat Walikota, Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi dan Pembangun, Maria M. Detag, S.IP, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignatius Repelita Lega, SH, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang, Yanuar Dally, SH., M.Si, selaku Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Kupang, Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Josefina M. Djata Getha, ST., MM, Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Kupang, Muhammad Khairil, S.STP. M. Si dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kupang, Ernest S. Ludji, S.STP., M.Si.

Dalam sambutannya Penjabat menyampaikan untuk mencapai kemajuan Pemerintah Kota Kupang tidak dapat bekerja sendiri. Butuh strategi berupa kerja kolaborasi seperti yang dilakukan dengan Indomaret kali ini. Dengan pelatihan ini dia berharap UMKM yang ada di Kota Kupang bisa memiliki standar kualitas yang sesuai dengan standar pada produk-produk yang dijual di Indomaret. Para pelaku UMKM diminta untuk memiliki keberanian untuk naik kelas, meningkatkan standar kualitas produknya hingga level nasional bahkan internasional, agar dapat menguasai pasar. Untuk itu, para pelaku UMKM bisa memanfaatkan fasilitas pendanaan yang disediakan perbankan seperti KUR dan lainnya.

Pada kesempatan yang sama Penjabat menyampaikan harapannya agar ke depan taman-taman yang ada di Kota Kupang tidak hanya menjadi tempat untuk pagelaran seni dan budaya tapi juga ajang mempromosikan produk-produk unggulan UMKM. Kota Kupang akan menjadi kota yang hidup 24 jam, dengan perputaran ekonomi yang tinggi dan UMKM diharapkan terlibat di dalamnya. 

Pimpinan PT. Indomarco Prismatama Cabang Kupang, Ridwan Syahroni menyampaikan tujuan pelatihan adalah mendorong UMKM di Kota Kupang agar dapat lebih unggul dalam persaingan global. Menurutnya sejak Indomaret beroperasi di Kota Kupang, mereka sudah menjual 4 produk lokal UMKM Kota Kupang. Saat ini sudah ada tambahan menjadi 7 produk lokal Kota Kupang yang dijual  di toko-toko Indomaret. Dia berharap dengan adanya seminar UMKM ini, yang mengusung tema ‚ÄúStrategi Peningkatan Kualitas Produk Menuju UMKM Naik Kelas, dapat meningkatkan mutu dan kualitas produk UMKM di Kota Kupang sehingga meningkatkan penjualan dan menambah jenis dan varian produk lokal yang bisa di jual di toko-toko Indomaret, tidak hanya di kota kupang atau Provinsi NTT saja, tapi di semua gerai Indomaret di seluruh Indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *