Tingkatkan Pelayanan Pendidikan, Januari 2022 Dinas P&K Kota Kupang Luncurkan Dua Aplikasi Baru Bagi Siswa & Guru SD-SMP Tingkat Se- Kota Kupang.

Kupang,sonafntt-news.com.  Menyikapi pandemik covid-19 hingga kini belum berakhir, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kota Kupang, awal januari 2022  luncurkan  sejumlah aplikasi baru guna meningkatkan pelayanan pendidikan  bagi siswa Sekolah Dasar dan  SLTP se-Kota Kupang.

“Kami sementara  melakukan sosialisasi aplikasi baik siswa SD dan SMP maupun yang prinsipnya menjawab kebutuhan pendidikan di tengah  pandemik covid-19 yang prinsipnya untuk mencerdaskan generasi bangsa dan harus unggul di segala aspek dengan mengoptimalkan kompetensi  masing-masing” 

Demikian keterangan  Kepala  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang  Drs.Dumuliahi Djami,MSi. saat ditemui awak media di ruang kerjanya, kamis 9/12/2021.

Kadis P  & K Kota  Kupang, menguraikan bahwa untuk memperkuat pelayanan publik di bidang pendidikan di tengah pandemik covid-19   sejauh ini kami mensosialisasikan  aplikasi Perangkat Pembelajaran pengelolaan administrasi  secara digital  (Papa pede)  dengan tujuan kedepan memudahkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara online dan tetap mengacu terhadap ketentuan yang berlaku.

Untuk langkah awal 13 SD  dan 17 SMP dijadikan sebagai pilot project dan kedepan berhasil akan dilaksanakan di semua sekolah baik SD dan SMP dan diagendakan pertengahan januari 2022 akan launching aplikasi tersebut.

“Kami berharap inovasi-inovasi yang dihadirkan dinas kiranya memberikan semangat baru bagi para siswa terutama lebih tekun belajar dan mencapai prestasi yang gemilang untuk meningkatkan SDM  sesuai tingkatannya dan hal mewujudkan hal ini dibutuhkan peran aktif orang tua  siswa”ungkapnya.

Sementara untuk mewujudkan digitalisasi pendidikan dan  secara internal dalam  menunjang pelayanan pendidikan yang semula  pengurusan untuk kenaikan gaji berkala, guru atau kepala sekolah harus datang dinas pendidikan namun tim saat ini sedang bekerja dengan inovasi-inovasi baru dan kita  harapkan januari 2022 sudah adanya aplikasi yang menangani tentang pengurusan  kenaikan gaji berkala sebagai service terhadap guru dimana secara teknis guru bersangkutan hanya memasukan berkala terakhir dan selanjutnya diproses secara online,misalnya kenaikan gaji berkala di bulan januari diproses secara online dan guru tersebut membuka aplikasi di sekolah untuk print hasilnya sedangkan urusan keuangan  ditangani oleh dinas sesuai ketentuan.Kita harapkan  dengan inovasi ini  guru-guru lebih efektif mengurus kenaikan gaji berkala dan lebih nyaman mengatur jam belajar di sekolah.

Langkah lain yang akan juga  dilakukan yakni menghadirkan aplikasi untuk kenaikan pangkat guru  dan pertengahan  tahun 2022 kita optimis  aplikasi tersebut  sudah ada, karena  para guru tugasnya aga berbeda ASN lainnya.

 “Guru harus memiliki angka kredit dan sejumlah prasyarat untuk meningkatkan kapasitas”misalnya harus bisa membuat karya ilmiah, jurnal-jurnal sedangkan  tim yang dipercayakan memberikan   penilaian melalui aplikasi dan tidak perlu ke sekolah atau dinas,ini salah satu target tahun 2022″bebernya. (Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *