Tingkatkan Pengawasan Bagi WNA, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang Gelar Podcast

Kupang, Sonafntt-news.com. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang di bawah Kementerian Hukum dan HAM NTT yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone melakukan siaran Podcast di radio SKFM Kupang. Dengan mengusung tema “Pengawasan Keimigrasian” dengan tujuan memberikan edukasi bagi publik tentang  pentingnya pengawasan  Warga Negara Asing  (WNA) di wilayah NKRI.

Berdasarkan data yang dihimpun, kegiatan ini menghadirkan Andrianto Piro Ndoda sebagai Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian dan Ady M. Rasyid, Kepala Subseksi Penindakan Keimigrasian (29/08/2023).

Dalam podcast yang bertajuk Pengawasan Keimigrasian ini, berbagai informasi penting dan menarik mengenai isu-isu seputar keimigrasian dijabarkan oleh kedua narasumber mulai dari cara Kantor Imigrasi melakukan pengawasan terhadap WNI dan WNA hingga penindakan terhadap pelanggaran terhadap hukum keimigrasian.

Dalam hal menangani hal ihwal pengawasan keimigrasian, Kantor Imigrasi tidak bekerja sendiri. Untuk melaksanakan pengawasan pada pintu masuk dan keluar negara, Imigrasi bersinergi dengan Bea Cukai, Karantina dan Pihak Keamanan dalam hal ini Polisi dan Tentara atau yang juga sering dikenal sebagai CIQS (Custom, Immigration, Quarantina and Security). Sedangkan dalam pelaksanaan pengawasan keimigrasian di dalam wilayah negara Indonesia, imigrasi membentuk TIMPORA (Tim Pengawasan Orang Asing). Tim ini dibuat hingga tingkat kecamatan dan terdiri dari unsur-unsur terkait yang mendukung satu dengan yang lainnya sesuai tugasnya  masing-masing.

Podcast informatif SKFM yang berlangsung selama kurang lebih satu jam ini yang dipandu oleh penyiar Meisna dan Shanty.(Ayd/SN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *