Upacara hari Bhakti Pemasyarakatan ke 59, Menkumham Ingatkan untuk bertransformasi semakin PASTI BerAKHLAK

Kupang, Sonafntt-news.com. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang (Kanim Kupang) mengikuti Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke – 59. Kegiatan yang mengangkat tema “Transformasi Pemasyarakatan semakin PASTI 

BerAKHLAK, Indonesia Maju” ini dilaksanakan secara terpusat di lapangan Upacara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan diikuti oleh seluruh insan Pengayoman se Indonesia secara virtual yang dipimpin oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly pada Selasa (02/05).

Mengawali amanatnya, Menkumham mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 kepada jajaran Kementerian Hukum dan HAM seluruh Indonesia. Menkumham lalu menegaskan agar merefleksikan kembali apa saja yang belum kita kerjakan, bagaimana konsep serta langkah – langkah perbaikan kedepannya, teguhkan komitmen dan konsistensi seluruh Insan Pemasyarakatan Kemenkumham dalam mewujudkan kebijakan yang telah saya tetapkan yakni “Transformasi Pemasyarakatan yang semakin PASTI dan BerAKHLAK”

Lebih lanjut, Menkumham juga mengingatkan mengenai “Jas Merah”, yaitu jangan sekali – sekali meninggalkan sejarah sebagaimana yang dikatakan sang proklamator, Bung Karno. Juga harus mengingat Istilah dan konsep Pemasyarakatan yang disampaikan pertama kali oleh Menteri Kehakiman RI saat itu Bapak Sahardjo. 

“Bahwa Pemasyarakatan merupakan tujuan dari pidana penjara untuk memulihkan kembali kesatuan hubungan kehidupan dan penghidupan yang terjalin antara individu terpidana dan masyarakat atau lebih dikenal dengan reintegrasi sosial dengan melakukan pembinaan dan pembimbingan kepada narapidana agar bertobat dan mendidik agar dapat menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat”

Menkumham juga memerintahkan seluruh jajaran Pemasyarakatan agar bersinergi dengan Instansi terkait, menyadari dan perlu meningkatkan kompetensi dan menjadi Insan Pengayoman yang terpelajar dan tangkas dalam bekerja, dan dalam hal ini. tentunya harus cepat, tepat dan ikhlas.

Mengakhiri amanatnya, Menkumham mengajak seluruh Pegawai Kementerian Hukum dan HAM untuk mulai kembali fokus bekerja, tetap semangat dan mari kita bangun komitmen bersama untuk memberikan pengabdian yang terbaik di Kementerian Hukum dan HAM RI sehingga menjadi institusi yang semakin dipercaya dan dicintai masyarakat.

“Dirgahayu Pemasyarakatan!, selamat Hari Bhakti  Pemasyarakatan ke-59. Tetaplah menjadi Aparatur Sipil Negara yang tulus dan ikhlas mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia”, tutupnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan halal bihalal dan diwarnai juga dengan sejumlah atraksi seperti variasi formasi baris berbaris, robodance, atraksi Tim tanggap darurat serta marching band. (YP/SN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *