Wabup Jerry Manafe Apresiasi Kinerja Dinkes Kabupaten Kupang Dalam Penanganan Stunting

Kupang,Sonafntt-news.com.  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu instansi yang memiliki peran strategis dalam mendukung  pembangunan daerah dan berkat kerja  keras  dari seluruh tim lingkup Dinkes  Kabupaten Kupang berhasil menurunkan angka Stunting.

“Ini kinerja yang positif yang perlu dirawat bersama terutama  anak-anak usia 0-2 tahun wajib mendapat perhatian gizi untuk mendukung keberlangsungan  dalam masa pertumbuhan  serta harus menyiapakan generasi yang cerdas” 

 Demikian arahan Wakil Bupati Kupang  Jerry  Manafe saat memantau secara langsung pelaksanaan operasi timbang dan Bulan Vitamin A di kecamatan Kupang Tengah di Posyandu Permata desa Oebelo(08/02/2022)

Jerry Manafe dalam kesempatan itu  mengucapkan terima kasih atas kerja keras dari dinas kesehatan, semua kepala Puskesmas  dan posyandu serta dinas-dinas terkait yang dinilai   berhasil menurunkan stunting di kabupaten Kupang  menjadi 22,3 % pada status terakhir. Semoga dengan melakukan evaluasi setiap tiga bulan sekali, kabupaten Kupang bisa mencapai target penurunan stunting sebesar 14 %.

Menurut Wakil Bupati Jerry, stunting bukanlah penyakit melainkan masalah pola hidup dan kesehatan lingkungan. “Saya harap dengan kolaborasi dari setiap dinas terkait dan Dompet Dhuafa , tahun ini penurunan angka stunting bisa mencapai 8 %”, ujarnya.

“Saya  merasa senang karena Posyandu Permata Desa Oebelo ini masih aktif, meskipun terlihat sederhana namun posyandu ini tetap bersih dan rapi. Sebagai Ketua Pokja Stunting di kabupaten Kupang”ungkapnya.

selain kunjungan ke Posyandu, Wabup Jerry melanjutkan kunjungan ke kelompok Tani Kasih desa Oebelo untuk melihat secara dekat kegiatan pekarangan Pangan Lestari yang dilakukan petani serta panen tanaman hortikultura.

Wakil Bupati  Jerry Manafe  juga mengakui bahwa akan ada kesejahteraan jika di kabupaten Kupang terus melakukan program kerja Bupati dan Wabup Kupang tentang Revolusi 5P, salah satunya yaitu pertanian yang telah dijalankan oleh kelompok Tani Kasih yang beranggotakan 22 orang anggota dengan Dominggus Talaen sebagai Ketua kelompok.

Tidak hanya itu, Manafe juga berpesan kepada  para anggota Kelompok Tani yang dibentuk sejak tahun 2017 ini, agar jangan menanam tanaman yang sama dengan yang sudah ditanam ditempat lain agar hasil panen tanaman yang dihasilkan bisa lebih mahal dibanding dengan jenis tanaman serempak yang ditanam di tempat lain.

Disaksikan media imi, Kegiatan tersebut  dilanjutkan dengan diskusi bersama kelompok tani, dan masyarakat di desa Oebelo. Turut mendampingi, Camat Kupang Tengah Rudolf Talan, para Kepala Dinas terkait salah satunya Kadis Kesehatan dr. Robert Amaheka dan Kepala BP4D Marthen Rahakbauw,  Kades Oebelo Marthen Hala serta perwakilan dari Dompet Dhuafa, Kepala Puskesmas Kupang Tengah dan Kader desa Oebelo, para anggota Poktan Kasih desa Oebelo, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. (SN).

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *