Wagub JNS : Koperasi Memiliki Peran Strategis Untuk Peningkatan ekonomi daerah

Kupang, Sonafntt-news.com. Koperasi merupakan salah satu elemen penting yang usahanya melakukan simpan pinjam bagi anggotanya sesuai ketentuan yang berlaku dan memiliki peran strategis  untuk peningkatan ekonomi daerah.

“Kehadiran Koperasi  sangat membantu anggota,oleh karena itu ruang yang ada harus dimanfaatkan dengan baik  dan bersinergi bersama untuk membangun daerah”

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur NTT Dr. Drs. Josef A. Nae Soi, MM, pada acara Puncak & Sarasehan Hari Koperasi Ke 76 Tingkat Provinsi NTT. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula El Tari Kupang pada Sabtu, 15 Juli 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mengangkat Tema Hari Koperasi ke-76 Tahun 2023 : “Mewujudkan Cita-Cita Keadilan Sosial Melalui Koperasi Modern” dengan Sub Tema : “Digitalisasi Koperasi Mendukung Koperasi Modern Menuju NTT Bangkit”.

Wakil Gubernur NTT Dr. Drs. Josef A. Nae Soi, MM, dalam sambutannya menguraikan bahwa Koperasi sebagai sektor  strategis dalam membangun daerah. Menurutnya, mari kita terus berkolaborasi dengan kerja-kerja nyata dengan mengoptimalkan potensi ada  untuk pengembangan  koperasi untuk pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kita tentunya sepakat bahwa peran koperasi sangat penting untuk peningkatan ekonomi daerah ini. Maka dari itu, saya minta kita semua mulai dari Pemerintah dan semua pihak bidang usaha lainnya lainnya bersama anggota masyarakat  untuk mendukung pengembangan koperasi  agar terus hidup dan bertumbuh lebih hebat,” kata Wagub JNS.

“Koperasi adalah suatu komponen yang sangat prioritas dalam nadi ekonomi bangsa ini karena langsung menyentuh kehidupan masyarakat kita,” ucapnya.

“Mari kita terus perhatikan dan berikan dukungan serta fasilitasi sarana untuk mendukung kinerja koperasi  seperti pelatihan ataupun kursus yang ada di koperasi untuk juga terus menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dengan menghasilkan produk-produk yang berkualitas juga,” katanya.

Wagub JNS menambahkan, koperasi juga harus terus mengambil peran dalam pemanfaatan serta pengelolaan potensi daerah mulai dari sektor peternakan, pertanian, perikanan dan lain-lain.

“Kalau mau bangsa ini maju maka keserasian hubungan setiap individu, individu dengan kelompok, juga kelompok dengan kelompok harus dalam semangat kebersamaan dan kekeluargaan yang konkritnya dapat kita lihat dalam iklim koperasi yaitu kesatuan antara satu anggota dengan anggota lainnya yang saling menguatkan,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT Sylvia R. Peku Djawang mengungkapkan dalam acara Hari Koperasi Ke 76 ini juga dilakukan rangkaian   kegiatan yang bersifat kegembiraan dengan ajang prestasi, keterampilan dan kebersamaan juga menampilkan produk-produk.

“Kami melaksanakan turnamen bola  voli antar gerakan koperasi, ada juga cerdas cermat pengetahuan koperasi dan UMKM, serta pameran produk pelaku usaha dan UMKM binaan koperasi,” ungkapnya.

“Kami juga ikut dalam kegiatan Car Free Day dengan adanya bazar murah, pelayanan pajak, dan doorprize dari koperasi-koperasi, lalu juga melaksanakan donor darah sebagai bentuk rasa kemanusiaan kami dan yang terkumpul 86 kantong darah,” jelas Sylvia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *