Wakil Bupati TTU Hadiri Rakornas Wasin Tahun 2021 Melalui Virtual Dengan Tema Kawal Efektifkan Belanja & Pulihkan Ekonomi

Kefamenanu,sonafntt-news.com. Wakil Bupati Drs.Eusabius Binsasi mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Internal (WASIN) Tahun 2021 dengan Thema” Kawal Efektifkan Belanja dan pulihkan ekonomi ” secara virtual.

Pantauan media ini, Wakil Bupati TTU Drs. Eusabius Binsasi didampingi Plt. Inspektur Daerah Kabupaten TTU Alfons Ukat, S.Pi, MM dan Kepala Dinas Kominfotik Drs. Kristoforus Ukat, MM serta staf Inspektorat Kabupaten TTU menghadiri kegiatan pembukaan dan sekaligus menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Internal Tahun 2021 secara virtual yang berlangsung di i Ruang Rapat Wakil Bupati Timor Tengah Utara Lantai 2 Kantor Bupati TTU tanggal 27 Mei 2021,

Kegiatan Rakornas WASIN Tahun 2021 dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo dari Istana Presiden Bogor Jawa Barat. Kegiatan Rakornas WASIN Tahun 2021 diikuti oleh Para Menteri Indonesia Maju, Kepala Lembaga/Kementerian/ Daerah Se-Indonesia yang berlangsung secara daring dengan tema “Kawal Efektifkan Belanja, Pulihkan Ekonomi”.

Dalam pidato pembukaan Rakornas WASIN Tahun 2021, Presiden RI Ir. Joko Widodo menyampaikan 12 hal penting yang perlu mendapat diperhatikan oleh aparat pengawas internal pemerintah, yakni:Pertama, Peran utama pengawas internal pemerintah adalah menjamin tercapai tujuan pemerintah, tujuan program, tujuan belanja anggaran secara akuntabel, efektif dan efisien. Kedua, ikut ketentuan itu penting, tetapi yang lebih penting dari itu adalah pencapaian hasil dari target yang ditetapkan. Hasil inilah yang ditunggu oleh rakyat.

ketiga, Tidak boleh ada yang salah dalam pemanfaatan keuangan negara.Keempat, Tahun 2021 adalah tahun percepatan pemulihan ekonomi nasional.Kelima, Pertumbuhan ekonomi pada kwartal kedua perlu didorong untuk melompat di atas angka 7 %. Hal ini sangat dipengaruhi juga oleh realisasi belanja pemerintah.Keenam, Akuntabilitas, efektivitas, efisiensi adalah hal yang sangat penting yang perlu mendapat perhatian peserta Rakor WASIN Tahun 2021.
Ketujuh, Kawal terus Percepatan belanja pemerintah terutama belanja barang dan jasa serta belanja modal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.Kedelapan, APIP harus mencari penyebab lambatnya belanja barang dan jasa selanjutnya memberikan solusi percepatan. Kesembilan, kualitas perencanaan menjadi fokus utama sehingga pencapaian sasaran harus jelas dan perlu sinkronisasi antar program. Kesepuluh, akurasi data masih menjadi persoalan, akibatnya lambat dan tidak tepat sasaran. Data antar pemerintah pusat dan daerah tidak nyambung sehingga dibutuhkan integrasi data.Kesebelas, rekomendasi dari aparat pengawas perlu ditindaklanjuti dan jangan dibiarkan berlarut-larut hingga memunculkan masalah hukum. dan semua aparat pengawas harus mengerti, tanggap dan jangan bertindak setelah ada masalah.

Sedangkan Kepala BPKP RI DR. Muhammad Yusuf Ateh dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa APBN dan APBD merupakan instrumen penting dalam pemulihan ekonomi nasional dan mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga para Kepala K/L/D dituntut untuk cepat membelanjakan anggaran yang ada di setiap K/L/D. Selain itu, hal yang terpenting juga adalah penyiapan data yang akurat agar sasaran yang ingin dicapai benar-benar terwujud. (Damken/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *