Wamen Agama RI : Pentingya Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Masyarakat

Kupang,Sonafntt-news.com.Moderasi merupakan salah satu upaya strategis  dalam beragama  secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik ekstrem kanan maupun ekstrem kiri.Selain itu,  dalam kehidupan beragama harus  saling  menghargai dan mewujudkan dalam kehidupan sehari-hari dimana harus pula  memberikan dampak produktif bagi masyarakat. 

Hal ini disampaikan  oleh Wakil Menteri Agama (Wamen) RI,  Dr. haji Zainut Tauhid sa’adi,MS.i saat pembinaan  ASN Lingkup Kantor  Agama Provinsi NTT. Diketahui kegiatan dimaksud berlangsung di  Hotel swiss belcourt, jumat 13/7/2023. Turut hadir Kepala Kantor kemenag Kabupaten/Kota, ASN Lingkup Kemenag Provinsi NTT, ASN  Kemenag  Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, Kepala bidang pembinaan lingkup kanwil Agama NTT dan Rektor IAKN.

Wamen Agama RI dalam materinya menerangkan bahwa kemajemukan harus disikapi dengan rendah  hati,  harus  pula ada keseimbangan dan keberpihakan dalam menata kehidupan dengan asas hukum dan kepastian di dalamnya.

 Menurutnya tema besar prioritas kita yang dicanangkan kementerian agama ada 6 transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren, religius city indeks berkaitan moderasi agama karena.sering pemahaman salah seakan akan mengkodratkan  padahal nilai sejatinya sudah kodrat nilai luhur sudah moderat

” bukan  agama yang dikodratkan melainkan orangnya dalam perilaku beragama, artinya pemahaman agama harus berdasarkan pemahaman konteksnya”

Ia lanjut menerangkan  perbedaan tidaklah mengharuskan untuk berkonflik, namun harus pula menghargai perbedaan keyakinan beragama namu yang perlu diingat bahwa  kita disatukan  oleh pancasila dan  semangat nasionalisme.

Dalam momentum ini, saya juga  mengapresiasi toleransi yang di bangun oleh masyarakat NTT kiranya terus   di gerakan seluruh stakeholder,  dan  dilestarikan sehingga  ke depan menjadi daerah yang maju dan mandiri di segala aspek.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. NTT Reginaldus Serang, S.Fil, M.Th dalam sekapur siri menjelaskan bahwa dalam pelayanan tugas, Kantor wilayah Kementerian Agama terus bergerak dan mengimplementasikan  program prioriras kementrian agama terkait moderasi beragama, transformasi digital, dan tata kelola pemerintah.Terkait moderasi dan  keberagamaan di NTT  hingga saat ini berjalan dengan aman dan dua tahun terakhir hasil penelitian Litbang relig indeks di kategorikan selalu baik  dan hal ini juga berkat kerja pimpinan kami yang terus mendorong kami  melakukan akselerasi  mensukseskan program-program prioritas di Kementrian Agama.

“NTT dengan daerah  kepulauan dimana keberaganaanya sangat nampak dan memiliki lokal wisdom  yang membuat kami terinspirasi dalam membangun kehidupan beragama, baik di internal dan antar umat beragama

Sementara untuk Tata kelola Pemerintahan, kami telah mengakselarasi transformasi  digital di lingkup Kantor  Kementerian Agama Wilayah NTT.Selauj itu juga menghasilkan pakwt-paket inovasi pada masing-masing unit kerja dan kami tentu  terus membangun kerja sama untuk melakukan kerja -kerja nyata sesuai petujunjuk Bapak Menteri dan Wakil Mentri Agama yang salah satunya fokus pada transformasi digital.

Kami juga menyampakan terima kasih yang berlimpah kepada Bapak Wakil Menteri Agama yang berkenan hadir bersama kami dalam momentum ini dan salah satu tugas bersama  yakni menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengatur relasi, baik secara internal, komunikasi sosial dan mempengaruhi dari autput dari komunukasi oleh karena kami membutuhkn masukan dan saran dari Bapak Wamen Agama terkait moderasi agama guna mewujudkan kerukuanan antar umat beragama.  (Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *