Wawali Buka STQ Tingkat Kota Kupang 

Kupang,sonafntt-news.com. Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke 26 Tingkat Kota Kupang Tahun 2021 bertempat di aula hotel Swiss Belinn Kristal Kupang, Jumat (25/6). Tema STQ kali ini adalah Aktualisasi Nilai-Nilai Universal Al-Quran Untuk Pencerahan Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Yang Rukun Dan Damai. Turut Hadir Kepala Kantor Kemenag Kota Kupang, Drs. Yakobus Beda Kleden, MM., Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) tingkat Provinsi NTT, Drs. H. Jamal Ahmad, MM., Ketua MUI Kota Kupang, Hj. Muhammad, Kodim 1604 Kupang, Letkol Inf. Sugeng Prihatin, S.Sos., M.Sc., dan Ketua Fosimata Kota Kupang, Hj. Nuraini Wahid, S.Pd., M.M. 

Wakil Wali Kota Kupang dalam sambutannya merasa bangga karena momentum religius ini mampu mempersatukan semua elemen dalam sebuah ikatan silaturahmi, bukan saja sebagai insan-insan ciptaan Tuhan yang bermartabat tetapi juga sebagai bagian dari warga Kota Kupang tercinta. 

“STQ ini merupakan ajang untuk mengetahui sampai mana penguasaan serta pengamalan akan aqidah yang terkandung di dalam Al-Quran, untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari yang nantinya akan membawa kemaslahatan umat Muslim,” ungkap wawali. 

Lebih lanjut Wawali berharap agar panitia pelaksana bersama LPTQ dan para dewan hakim yang juga dilantik pada acara tersebut dapat memperhatikan kualifikasi dan standar penilaian yang objektif dan transparan agar peserta yang terpilih nanti sungguh merupakan peserta terbaik yang memiliki kapabilitas. Untuk itu, maka bagi para peserta diminta agar berusaha tampil secara optimal karena yang terbaik yang akan terpilih menjadi wakil dari Kota Kupang pada ajang STQ tingkat Provinsi NTT. 

Di akhir sambutannya Wawali menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah berperan aktif dalam penyelenggaraan kegiatan ini dan memberikan ucapan selamat berlomba bagi peserta yang mengikuti STQ. Tak lupa beliau terus mengajak untuk selalu menjaga kesehatan dengan selalu mengikuti himbauan pemerintah sehingga terhindar dari virus Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam kegiatan tersebut. 

Ketua panitia pelaksana STQ Kota Kupang, Drs. H. Hudayanur St. Syahnur dalam laporan panitianya menyampaikan bahwa STQ merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi serta nasional yang dilakukan secara berjenjang. Mengacu pada metode pelaksanaan mempertimbangkan wabah Covid-19, melakukan tatap muka langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Adapun penyelenggaraan STQ sebagai ajang seleksi untuk mencari bibit Qori, Qari’ah dan Hafizh dalam kemampuan seni baca Al-Quran dan para penghafal Al -Quran selanjutnya dibina untuk dipersiapkan pada ajang STQ tingkat Provinsi NTT. Meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sebagai sarana membentuk karakter bangsa yang berakhlak, rukun dan sejahtera serta moderasi beragama. 

Terdapat 3 cabang yang dilombakan yaitu, cabang Tilawatil Quran dewasa Putra dan Putri, cabang Hifzh Al-Quran Golongan 10 Juz Putra dan Putri dan Cabang Hifzh Golongan 20 Juz Putra dan Putri. Total keseluruhan peserta yang mengikuti lomba STQ kali ini berjumlah 16 orang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *