Wujudkan Pelayanan Publik yang berkualitas, Pemerintah Hadirkan 1000 Startup Digital Kembali Hadir Di NTT & Mencari Talenta Muda Startup Untuk Dikembangkan

Kupang,Sonafntt-news.com.Gerakan Nasional 1000 startup digital kembali hadir di Nusa Tenggara Timur. Gerakan ini adalah sebuah program besutan pemerintah yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang bertujuan untuk mengembangakan talenta startup digital yang berkualitas, mendorong terciptanya solusi digital, serta membangun ekosistem startup digital yang kolaboratif dan inklusif dengan prinsip memperkuat layanan publik guna mewujudkan pembangunan yang berkualitas di segala aspek menuju daerah maju bahkan harus mampu menjawab tantangan zaman di era global.

Nusa Tenggara Timur yang adalah bagian dari ekosistem startup turut mewarnai panggung startup Indonesia dengan memberikan peluang yang sama untuk beradu ide dan menghadirkan solusi digital bagi permasalahan sosial yang ada. Sejak hadirnya di Kota Kupang pada tahun 2020, 1000 Startup Digital telah berkontribusi membina talenta-talenta digital lokal untuk bersaing secara nasional.

Demi mendukung pembangunan ekosistem startup digital di Nusa Tenggara Timur, Kemkominfo RI melalui 1000 Startup Digital menggandeng Trinity Academia sebagai local ecosystem builder dan menempatkan Regional Officer sebagai perpanjangan tangan dari 1000 startup digital di daerah untuk hadir dan mendampingi para calon founders baru.

Dengan dukungan penuh dari KOMINFO Nusa Tenggara Timur dan Kota Kupang, 1000 Startup Digital terus melakukan sosialisasi sosialisasi dan membangun kemitraan dengan para stakeholders lokal untuk sama-sama membangun ekosistem wirausaha berbasis teknologi digital di Kota Kupang dan juga Nusa tenggara Timur.

Dalam diskusi di Radio Suara Kupang, tanggal 26 Juli 2022, Peniel sibero selaku Manager program & partnership 1000 startup digital NTT menjelaskan “kita sebagai pemuda harus bisa berfikir action apa yang akan kita lakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada disekitar. Sedangkan bapak Wildrian Ronald Otta, S.Stp.,M.M selaku Kadis KOMINFO Kota Kupang mengatakan bahwa “mengingat isu bonus  dimana pada tahun 2045, Indonesia diperkirakan akan mencapai 318 juta penduduk, dan usia produktif yang mencapai 70%, untuk itu perlu adanya pembinaan talenta muda untuk menjawab kebutuhan di masa depan”.

Dalam membangung startup pentingnya juga dalam melakukan riset mengenai permasalahan dari masyarakat dan kebutuhan dari investor. Kepala Dinas Komunikasi dan Infoemrmasi Kota Kupang  Wildrian Ronald Otta, S.Stp.,M.M menjelaskan bahwa saat kita ingin membangun startup, kita harus memperhatikan apa yang dinamakan dengan golden triangle, yaitu terdiri dari startup, masyarakat dan investor serta bukan hanya berdasarkan passion yang kita miliki atau kita senangi. Sebuah startup yang sukses harus dapat menjadi solusi untuk masyarakat dan sekaligus memenuhi kebutuhan investor,untuk dapat memenuhi itu semua diperlukan riset yang mendalam. Untuk itu melalui program gerakan 100 startup ini dapat menjadi wadah bagi para calon entrepreneur untuk dapat belajar bagaimana membangun startup dan juga menjadi terhubung satu-sama lain antara investor,mentor dan lain-lain untuk membantu calon entrepreneur agar dapat menginisiasi suatu ide menjadi produk nyata.

Rangkaian kegiatan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital tahun 2022 tentunya baru saja dimulai, untuk itu Jack Loloin sebagai Regional Operations Manager 1000 Startup Digital NTT mengajak masyarakat NTT, khususnya para pemuda untuk ikut dalam Roadshow 1000 Startup Digital yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2022 nanti di Universitas Widya Mandira Kupang. Masyarakat di luar Kota Kupang dapat menghadiri secara daring melalui platform zoom. Pendaftaran roadshow dapat dilakukan melalui halaman https://1000startupdigital.id/roadshow/

Perkembangan program gerakan 1000 startup digital di Nusa tenggara timur selama 2 tahun terakhir ini banyak diminati oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur, yang awalnya program ini hanya berfokus di kota kupang hingga sekarang ini sudah ada di 9 kota dan kabupaten, dan sudah menjangkau 8000 talenta digital yang saling terkoneksi melalui aplikasi 1000 Startup Digital. Hingga saat ini sudah 9 startup yang telah lahir di NTT yang sampai pada tahap bootcamp.

Ia berharap di tahun 2022 ini akan lahir lebih banyak talenta digital melalui Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang bisa menjadi role model bagi calon-calon founders Nusa tenggara timur di masa yang akan datang, tandas Peniel dan Jack selaku Regional Hub Managers 1000 Startup Digital NTT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *