Wujudkan Pengelolaan Penanganan Pengaduan Yang Berkualitas, Kanim Kupang Ikuti Webinar Series ASN Belajar

Kupang,Sonafntt-news.com. ASN Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang yang terdiri dari Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fitra Izharry, bersama jajaran struktural serta tim pengelola pengaduan Kanim Kupang mengikuti webinar melalui program  Series ASN Belajar dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan sebagai langkah untuk mewujudkan  Pengelolaan Penanganan Pengaduan yang berkualitas  dengan mengacu terhadap ketentuan yang berlaku.

Pantauan media ini tema yang diusung dari kegiatan tersebut “Pengelolaan Penanganan Pengaduan Layanan Publik Pada Jajaran Kementerian Hukum dan HAM.” Webinar ini diselenggarakan oleh Balai Diklat Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah secara virtual, Rabu, 22 Juni 2022,

Dalam sambutannya, Kepala Badiklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kaswo, mengatakan, bila melihat urgensi satuan kerja dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik terutama dalam rangka pembangunan Zona integritas, satuan kerja harus senantiasa menyempurnakan pelayanan termasuk penanganan pengaduan yang harus diselesaikan  secara tepat dan sesuai dengan SOP. Dengan demikian kegiatan webinar ini dirasa perlu untuk dilaksanakan dalam rangka memperkaya pengetahuan dan peningkatan kompetensi dalam pengelolaan penanganan pengaduan masyarakat.

“Pekerjaan rumah kita adalah bagaimana mandat yang ada di Undang-Undang Dasar terkait dengan tujuan nasional, terselenggarakan dengan baik dalam bentuk pelayanan publik, karena pelayanan publik itulah yang akan secara nyata mensejahterakan masyarakat, melindungi masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutur Siti Farida, selaku Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah yang didaulat sebagai narasumber.

Siti  juga mengatakan bahwa, muara dari reformasi birokrasi adalah reformasi pelayanan publik dan reformasi pelayanan publik harus disertai dengan kemampuan penyelenggara untuk mengelola pengaduan. Manfaat yang didapat dari pengelolaan pengaduan antara lain masyarakat dapat menyampaikan permasalahan pelayanan yang dihadapi, sehingga penyelenggara layanan dapat mengetahui kelemahan pelayanan yang disediakan serta sebagai wadah aspirasi guna perbaikan kualitas pelayanan. Penanganan pengaduan yang benar dan berhasil dapat meningkatkan kepuasan pengguna layanan.

Kegiatan ini sendiri merupakan program ASN Belajar dalam kemasan webinar series yang diikuti oleh jajaran UPT dari 10 Kanwil Kementerian Hukum dan HAM melalui zoom meeting, serta disiarkan langsung melalui kanal Youtube Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah. (YP/SN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *