Wujudkan Tridharma, 12 Mahasiswa UIN KHAS Jember Laksanakan KKN di Kemenag NTT

Kupang,Sonafntt-news.com.   Sebanyak 

12 Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kh. Achmad Sidiq (UIN KHAS) Jember melaksanakan  Kuliah Kerja Nyata  (KKN)  di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag)  NTT dengan tujuan mewujudkan Tri Dharma  dan hal tersebut diwujudkan kehidupan sehari-sehari yang prinsipnya harus bermanfaat bagi orang lain  

Dalam kunjungan awal, Tim KKN diterima  Plh. Kakanwil Kemenag Provinsi Nusa Tenggara Timur (Kemenag NTT), Kabid Haji dan Bimas Islam Kanwil Kemenag NTT, H. Hasan Manuk, bersama Kabag  Tata Usaha, H. Ibrahim Arif dan  seluruh pejabat eselon III lingkup Kanwil Kemenag NTT, Senin (3/7/2023), di Aula satu gedung Kanwil Kemenag NTT, jalan Frans Seda Kota Kupang, NTT, pukul 09.00 wita.

Menurut Alfisyah Nurhayati, pembimbing Tim KKN Merah Putih UIN KHAS Jember, pelaksana KKN ini bertema KKN Moderasi Beragama dan dibentuk dalam Tim KKN Merah Putih. Pelaksanaan KKN ini merupakan salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selama 40 hari pelaksanaan KKN di NTT akan dibagi dua lokus, di Kanwil Kemenag NTT – wilayah Kota Kupang dan di Kabupaten TTS (Timor   Tengah Selatan) yang bersinergi dengan tim KKN dari IAKN (Istitut Agama Kristen Negeri) Kupang. 

“Mahasiswa siap bersinergi dengan Pemerintah desa dan Masyarakat dalam menyukseskan program kerja Pemerintah Desa dan akan selalu berpartisipasi aktif dalam berbagai Kegiatan sosial kemasyarakatan. Mereka akan fokus untuk mengamati bagaimana pelaksanaan moderasi beragama di NTT, dengan kehidupan masyarakatnya yang multikultural (banyak agama) yang hidup saling berdampingan,” tutur Alfis.

Plh. Kakanwil menyampaikan selamat datang dan selamat melaksanakan KKN di NTT untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Karena Universitas Islam negeri KH. Achmad Shiddiq mempercayai NTT sebagai lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN), Ia berharap kepada mahasiswa Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq agar menjaga etika dilandasi dengan kearifan lokal setempat dan bisa beradaptasi dengan masyarakat tempat lokasi KKN.

“Lakukan yang terbaik, untuk keberhasilan kalian. Cermati dan pelajari adat budaya setempat dengan baik. Kami orang NTT siap menerima dengan baik,” tutur H. Hasan Manuk, usai mengalungi selendang tenun adat NTT, sebagai ucapan selamat datang. 

H. Hasan Manuk mengharapkan kepada mahasiswa KKN dari Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq dalam pelaksanaannya agar tetap menjaga  norma-norma, adat istiadat, dan budaya yang berlaku di masyarakat desa tempat lokasi KKN sehingga dalam proses pelaksanaan Kegiatan KKN dapat diterima oleh masyarakat dan dapat berjalan dengan baik serta tujuan dapat tercapai. 

Sebagai informasi  Tim KKn Merah Putih yang berjumlah 6 orang dengan lokus KKN di Kabupaten TTS,  akan diberangkatkan hari Rabu (5/7/2023) bersama rombongan Tim KKN IAKN Kupang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *