Yoseph A.Nae Soi & Andreas Kore Siap Bertarung Rebut Ketua Umum KONI NTT Periode 2021-2025

Kupang,sonafntt-news.com.Wakil Gubernur Drs.Yoseph A.Nae Soi, MM dan DR.Ir. Andreas W. Koreh, MT secara resmi diumumkan sebagai bakal calon (balon) dan siap  bertarung rebut  Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi NTT periode 2021-2025 yang pemilihannya pada 20 desember mendatang.

Demikian disampaikan sekretaris Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) bakal calon Ketua Umum KONI NTT periode 2021-2025, Fransisco Bessie, SH, MH,CLA didampingi Ketua TPP, Viktor Mado Waton, beserta anggota TPP lainnya di Kantor KONI NTT, Selasa (14/12/21).

“Sampai dengan batas waktu pendaftaran yang ditentukan, terdapat dua kandidat yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon (balon) Ketua umum KONI NTT periode 2021-2025, yakni Drs.Yoseph A.Nae Soi, MM dan DR.Ir. Andreas Riwu Kore, MT,” ujar Fransisco Bessie.

Ia menyampaikan bahwa, kedua balon tersebut  sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan, termasuk syarat mendapat dukungan minimal dari 3 KONI Kabupaten/Kota maupun dari 3 Cabang Olahraga (cabor).

Ia juga menjelaskan bahwa,  TPP akan menyerahkan dua nama balon Ketua Umum KONI NTT ini kepada pimpinan  sidang dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) pada tanggal 20 Desember 2021 nanti. “Kedua nama ini akan kami serahkan kepada pimpinan sidang yang tentunya dari KONI pusat, selanjutnya kedua balon tersebut akan mengikuti proses pemilihan Ketua Umum KONI NTT,”jelasnya.

Sosok yang berprofesi sebagai advokat itu juga menyampaikan, kedua balon tersebut akan dipilih oleh 43 voters yang merupakan perwakilan dari masing -masing KONI Kabupaten/Kota dan Cabor di gelaran Musprov nanti.”Jumlah pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya di tanggal 20 nanti adalah 43 voters gabungan antara  perwakilan KONI  kab/kota dan perwakilan dari masing masing Cabor”bebernya.

Terkait pertanyaan wartawan tentang apakah kepala daerah atau wakil kepala daerah boleh mencalonkan diri sebagai Ketua Umum KONI NTT, Sisco menjelaskan bahwa itu bukan wewenang dari  TPP. Ia mengatakan bahwa hal itu akan diputuskan dalam sidang Musprov nanti. “Tugas TPP hanya menjaring dan menyaring bakal calon ketua KONI saja, terkait hal itu, yang menentukan sidang di arena Musprov,”tegasnya.

Ia juga menjelaskan TPP terbentuk atas hasil kesepakatan rapat kerja daerah (RAKERDA) KONI NTT tanggal 26 November 2021 yang dihadiri oleh perwakilan KONI masing-masing kab/kota dan Cabor. “Di situ hadir perwakilan dari KONI kab/kota dan juga perwakilan Cabor dan menghendaki adanya TPP untuk pemilihan Ketua Umum KONI NTT periode 2021-2025,”ungkapnya.

Selanjutnya ia menyampaikan bahwa TPP akan segera menyampaikan hasil penjaringan ini kepada kedua balon terutama kepada masyarakat NTT agar kedua balon dan masyarakat bisa mengetahui hasil penjaringan dan penyaringan oleh TPP.”Setelah ini, kami akan bersurat  secara resmi kepada kedua balon tersebut, dan hasil kerja TPP ini akan kami sampaikan juga ke masyarakat karena masyarakat khususnya KONI di masing-masing Kab/kota sangat menantikan hasil ini,”ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *