Dusun Haeklese- Desa Wesey Merindukan Pembangunan Yang Adil Dan Merata

Malaka, Sonafntt.news.com. Setiap wilayah tentu merindukan akan proses pembangunan yang berdampak terhadap seluruh aspek kehidupan masyarakat sama halnyya Dusun Haeklese tepatnya Di Desa Wesey Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka menantikan pembangunan pembabngunan yang adil dan merata agar menikmati pembagunan yang yang selayaknya sebagai warga setempat namun harapan itu hingga saat ini belum dirasakan oleh warga dusun tersebut.

Peristiwa ini turut langsung dirasakan oleh masyarakat Dusun Haeklese, Desa Wesey, Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka dimana dari periode jabatan desa ke desa hingga sekarang dan sepanjang sejarah berdirinya Desa Wesey masyarakat di dusun ini tidak pernah merasakan kehadiran wilayah otonom baru dengan alasan mereka tidak pernah merasakan yang namanya pembangunan akibat kebijakan kepala desa yang tidak pro rakyat.


Hal ini disampaikan tokoh pemuda masyarakat Dusun Haeklese Desa Wesey, Yulius Bria saat ditemui oleh awak media, di kediamannya,Senin 15/6/2020.


Yulius Bria mengatakan bahwa selama kepemimpinan kepala desa saat ini, kami kami masyarakat khususnya Dusun Haeklese belum sama sekali mengalami dampak dari pembangunan Infrastruktur Jalan dan jembatan bahkan listrik sampai saat ini belum ada.
Kami mengalami kesulitan ketika ingin berpergian ke ibu kota Malaka dengan tujuan menjual hasil pertanian dan peternakannya serta paling berat ketika musim hujan tiba.


Kami di dusun kecil ini mengambil langkah dengan sikap bahu membahu bergandengan dengan desa tetangga yakni Desa Barene yang justru memiliki kepedulian akan terisolirnya masyarakat Dusun Haeklese ini sehingga masyarakat dusun ini boleh menikmati penerangan dari hasil swadaya masyarakat sendiri antara masyarakat Desa Barene dan masyarakat Dusun Haeklese,ungkapnya.
Menurut Lius, selain terisolirnya masyarakat di Dusun Haeklese, masyarakat juga mengeluh akan minim air bersih, kami selama ini hanya minum air lewat sumur sumur kecil yang kita gali di kali, tuturnya.

ia menambahkan bahwa upaya lain yang telah dilakukan yakni melalui bergotong royong dengan inisiatif dan kemauan kita sendiri untuk membuat jembatan darurat dan jalan alternatif lain sehingga ketika musim hujan tiba masyarakat di dusun ini bisa mengakses ke pasar dan urusan di kantor desa bahkan urusan administrasi di Kecamatan Weliman.

Lius Bria sapaan akrabnya, mengharapkan agar kepala Desa Wesey dan jajarannya harus mengambil satu kebijakan yang tepat untuk pelayanan masyarakat wilayah Dusun Haeklese, karena juga merupakan warga Desa Wesey.jadi pemimpin harus benar-benar berpihak rakyat,tuturnya.
Saya juga mewakili warga Dusun Haeklese agar adanya adanya perhatian dari Pemerintah Kabupaten Malaka, khususnya dinas terkait agar ke depan memudahkan warga mengakses jalan dan jembatan bahkan penyediaan sarana air bersih untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat. ( Fb/rep).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *