Penuhi Kebutuhan Warga, DPRD Kabupaten Kupang Gelar Sidang III Tahun 2023

Oelamasi, Sonafntt-news.com. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kupang kembali menggelar sidang  III tahun anggaran 2023  untuk memenuhi aspirasi warga  dengan mengacu terhadap ketentuan yang berlaku dan disesuaikan dengan kemampuan  APBD.

 “Sidang APBD adalah momen penting dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kami sebagai perwakilan rakyat dan perubahan ini memiliki tujuan untuk memastikan bahwa anggaran yang telah disusun sebelumnya dapat mengakomodir  perubahan yang terjadi dalam keadaan nyata serta  menjawab kepentingan dan aspirasi masyarakat,  ujar Ketua DPRD kabupaten  Kupang, Daniel Taimenas, saat membuka sidang perubahan APBD kabupaten  Kupang tahun 2023 di ruang sidang DPRD kab. Kupang pada hari Selasa, 26 September 2023.

Taimenas melanjutkan, “suatu keputusan yang memerlukan pertimbangan matang, diskusi mendalam dan kebijakan yang bijak. Karena  itu, kami harapkan agar semua pihak terkait dapat bekerja sama dalam proses pembahasan APBD untuk mencapai hasil yang terbaik bagi masyarakat kabupaten   Kupang.”

Ketua DPRD Kabupaten  Kupang ini menjelaskan bahwa perubahan atas setiap komponen APBD memiliki latar belakang dan alasan berbeda. Ada perbedaan alasan untuk perubahan anggaran pendapatan dan anggaran belanja. Begitu juga untuk alasan perubahan atas anggaran pembiayaan, kecuali untuk penerimaan pembiayaan berupa silpa (sisa lebih perhitungan anggaran tahun lalu) yang merupakan salah satu alasan utama APBD dilakukan. Legislatif berperan menentukan usulan untuk dimasukkan dalam APBD atau tidak. Keterlibatan DPRD dalam proses penyusunan perubahan APBD untuk memastikan bahwa semua berjalan sesuai dengan arah yang telah ditentukan untuk mencapai target yang telah ditetapkan. 

Dirinya mengajak semua pihak terkait untuk bekerja sama dengan dedikasi, integritas dan semangat kebersamaan demi kepentingan masyarakat kab. Kupang. Semoga sidang perubahan APBD ini dapat berjalan lancar, damai dan mampu memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat kab. Kupang. 

Disambung, Bupati Kupang, Korinus Masneno, bahwa pihak Pemerintah memberikan apresiasi atas kerja sama dan semangat yang luar biasa dari para anggota DPRD kabupaten Kupang yang selalu mendukung pemerintah. “Pada 26 Juli 2023 lalu, kita telah menyelesaikan agenda sidang pertanggungjawaban APBD tahun 2022. Selanjutnya, sejak hari ini sampai waktu yang disepakati, kita akan bersama melakukan sidang perubahan APBD tahun 2023, yang merupakan agenda rutin dalam perencanaan keuangan daerah”, tukasnya. 

Dalam sambutannya, Masneno juga memaparkan bahwa perubahan APBD ini perlu dilaksanakan dengan mempertimbangkan beberapa urgensitas yakni yang pertama, perlu penyesuaian terhadap alokasi anggaran yang perkembangannya tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum anggaran. Kedua, terdapat keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan dan antar jenis belanja. Ketiga, terdapat keadaan yang menyebabkan kita harus menyesuaikan saldo anggaran lebih tahun sebelumnya (silpa) . 

Tidak hanya itu, Bupati Kupang menerangkan bahwa perubahan APBD juga dilakukan sebagai upaya memastikan penyesuaian target yang telah kita tetapkan. “Saya yakin percepatan pembangunan dapat direalisasikan. Isu-isu pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan akan dituntaskan. Bersama kita turunkan angka kemiskinan, menyediakan sarana dan prasarana infrastruktur dan menyediakan fasilitas penunjang dan layanan dibidang ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan.

 Saya berharap agar kita memenuhi semua tahapan mekanisme dan menjunjung tata tertib yang menjadi bagian pembahasan sidang perubahan APBD ini. Pastikan bahwa semua instrumen perubahan teranalisa dan dibahas dengan baik dan menjadi media dalam mewujudkan target pembangunan daerah. Fungsi otorisasi, perencanaan, pengawasan, alokasi, distribusi dan stabilisasi APBD agar tidak diabaikan. Jadikan ini amanah. Ingat bahwa semua yang kita lakukan demi kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan seluruh masyarakat kab. Kupang”, tutup Korinus Masneno. 

Turut hadir, Forkopimda Kabupaten  Kupang diantaranya Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, Kajari Kabupaten Kupang Muhammad Ilham, Pabung Kodim 1604 Parada Napitupulu, Wakil Ketua I Sofia Malelak De Haan, Wakil Ketua II DPRD Johanis Mase dan serta Anggota DPRD kab. Kupang, Plt. Sekda Kabupaten  Kupang Rima K.S. Salean, para Asisten Sekda Kab. Kupang, para Staf Ahli Bupati Kupang, pimpinan OPD lingkup kabupaten   Kupang dan Insan Pers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *