Pilkada Belu 2020 : dr.Agus Taolin Prioritaskan Empat Program Unggulan

Kupang,sonafntt-news.com. Dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan menwujudkan pembangunan yang menyeluruh, terukur dan khususnya di Kabupaten Belu perlu adanya perencanaan program yang prioritas, sistematis, monitoring pelaksanaan yang ketat dan harus adanya evaluasi rutin setiap jenis kegiatan sehingga memberikan dampak positif bagi peningkatan pembangunan daerah ke arah yang lebih baik.Oleh karena itu, ke depan kami siap melakukan beberapa program unggulan yakni pendidikan, pertanian, peternakan,infrastruktur, dan peternakan dengan tujuan membuka akses pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat kurang mampu serta meningkatkan pembangunan yang produktif sesuai kebutuhan Warga Belu.

Hal ini disampaikan oleh Bakal Calon Bupati Belu Periode 2020-2025 dr.Agustinus Taolin usai pelaksanaan psikotes di Hotel Nakka Kupang,Rabu 10/9/2020.

dr.Agustinus Taolin menjelaskan bahwa membangun daerah yang maju dibutuhkan kerja sama semua sektor dan salah satu hal terpenting yang harus dipahami dan dilaksanakan adalah memiliki program prioritas baik jangka pendek,menengah dan jangka panjang, adanya cirikhas tertentu sebagai landasan pembangunan di segala sektor serta harus memiliki target yang jelas guna peningkatan pembangunan menuju sebuah daerah yang mandiri dan siap menghadapi perkembangan zaman.

lanjut menjelaskan bahwa untuk bidang pertanian masyarakat harus memiliki bibit unggul supaya bisa meningkatkan penghasilan dari lahan yang masyarakat dan kalau diperlukan pemerintah menyiapkan hal dimaksud dan termasuk perbaikan irigasi pada tanaman yang tanaman keras seperti kemiri, asam dan hasil hutannya semuanya akan kita perhatikan dan itu menjadi prioritas bagi kami satu hal yang disana adalah kita akan membuka pasar di perbatasan yang berstandar internasiona. Hadirnya pasar modern tersebut akan memberikan ruang interaksi bagi warga untuk memasarkan hasil -hasil pertanian dengar standar dan nilai jual yang lebih baik,ungkapnya.

Untuk tanaman yang selama ini menjadi budaya atau sudah mentradisi di masyarakat seperti jagung, padi,singkong. tanaman-tanaman tersebut perlu kita meningkatkan produktivitas dengan menyediakan lahan olahan pupuk dan benih dan pengairan dan akan mendapat manfaat yang lebih besar. Hal lain akan menjadi perhatian, memanfaatkan badan bumdes untuk menampung hasil pada saat panen dan kelompok-kelompok pernah kita siapkan dengan pendampingan baik di pertanian maupun di peternakan harus dilatih menjadi mampu dan mahir dalam bidang pertanian peternakan, merekalah yang diberdayakan bukan kita orang dari luar kalau ada orang dari luar yang datang mereka fungsinya hanya untuk alih teknologi bukan mereka di situ kerja dalam jumlah yang besar sehingga masyarakat lokal atau anak-anak kita menjadi terpinggirkan

Selain itu, jika pada 9 desember 2020 masyarakat dan alam merestui kami memimpin Belu tentu dengan senang hati menyiapkan program pengobatan gratis bagi Keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk Electrik (E-KTP).Sementara dari aspek pendidikan akan memberikan beasiswa bagi anak-anak kurang mampu dan anak yang berprestasi karena hingga saat ini kemampuan daya saing masih rendah.Hal ini mengacu terhadap kemampuan yang berpendidikan tinggi 0,2%,di Bank 1% dan yang sekolah S2 -S3 masih memiliki daya saing rendah.

Disamping itu,aspek lain harus dibenahi yakni penataan birokrasi dengan menempatkan seseorang harus sesuai basic ilmunya sehingga benar -benar melayani masyarakat.Oleh karena itu memang harus orang yang tepat di tempat yang tepat jangan pilih orang sarjana hukum, Sarjana Pertanian untuk mengolah air bersih dan jika pekerjaan dilakukan sesuai bidangnya akan memberikan kekuatan baru.

Sementara dari aspek pemenuhan air bersih, masyarakat sampai sejauh ini memiliki bendungan yang besar dan kita sudah hitung untuk pengolahan irigasinya salurannya dan akan melayani seluruh penduduk di daerah hingga daerah si lawan dan memanfaatkan sumber -sumber mata air yang ada serta memperbaiki jaring air di sepanjang jalan. Hal lain juga akan dilakukan konservasi meningkatkan penghijauan serta mata air yang ada bisa memproduksi air dengan perencanaan yang baik dan mengoptimalisasikan potensi yang ada untuk melayani masyarakat kota Atambua.(MF).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *