Alvons Gorang-Rektor Untrib Kalabahi, Nyatakan Diri Maju Sebagai Bakal Calon Bupati Alor 2024

Kalabahi, Sonafntt-news.com. Perhelatan Pilkada di sejumlah daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT) akan berlangsung serentak tahun 2024 mendatang. Kabupaten Alor merupakan salah satu daerah yang bakal melangsungkan pesta rakyat lima tahun tersebut, wajar saja publik Alor mulai menerka siapa yang bakal melanjutkan estafet kepemimpinan pasca berakhirnya kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati petahana Amon Djobo-Imran Duru (Alm) yang telah dua periode memimpin daerah tersebut.

Beberapa figur mulai bermunculan dan jadi perbincangan hangat di tengah masyarakat, salah satu kandidat yang di sebut-sebut bakal maju membangun Negeri seribu moko adalah Rektor Universitas Tribuana (Untrib) Kalabahi, Alvons Gorang, S.Sos., MM.,. Bak gayung bersambut, Alvons menyatakan keseriusannya maju menjadi salah satu kontestan dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Alor Tahun 2024 mendatang.  

Keseriusan sikap politik ini disampaikan Alvons Gorang ketika menjawab pertanyaan awak media saat bincang-bincang santai di Taman Wisata Pesona Manggrove, Kelurahan Mutiara, Kab Alor, pada Kamis (1/6/2023), menurutnya informasi tentang figur yang maju pada perhelatan Pilkada Alor telah berhembus selama kurang lebih satu tahun, “Dalam dua-tiga bulan terakhir ini saya banyak ditanya oleh teman-teman, sabahat, keluarga, kenalan, baik yang dekat maupun di tempat yang jauh, dari kampung-kampung di pedalaman, termasuk teman-teman pendeta, ASN maupun pejabat pemerintah, mereka bertanya, betul atau tidak informasi yang selama ini mereka ketahui dari media sosial,” bebernya.

Alvons yang dikenal sebagai sosok rendah hati ini mengaku bahwa hal yang dikerjakannya selama ini adalah menjawab satu persatu pertanyaan dari berbagai lapisan masyarakat, namun informasi yang disampaikan lantas tidak bisa menjangkau semua orang di Kabupaten Alor, sehingga berkenaan dengan Hari Kesaktian Pancasila Tanggal 1 Juni 2023 dirinya menemui sejumlah wartawan guna memberikan jawaban secara terbuka kepada publik tentang keseriusannya maju sebagai salah satu bakal calon Bupati Alor pada Pilkada 2024 mendatang.  

Alvons menyebutkan bahwa, ada beberapa sahabat yang menyampaikan hasil survei dan menyebutkan jika ia mendapatkan penerimaan yang baik dari masyarakat. “Setelah merenung dan meminta nasehat serta bertanya kepada banyak orang, kepada para tokoh dan sesepuh, kepada teman-teman, kepada beberapa bapak/ibu pendeta, kepada keluarga dan orang tua di beberapa tempat, saya kemudian memutuskan untuk harus serius, Saya serius untuk maju Pilkada Alor,” kata Alvons dikutip dari Radarpantar.com.

“Saya mengambil sikap harus serius mengikuti proses kontestasi calon kepala daerah. Saya serius dan saya pasti berusaha dengan baik untuk dapat menjadi bagian yang ikut berproses dalam kontestasi pemilihan kepala daerah 2024. Saya serius dan pasti maju,” tambahnya. 

Dirinya menegaskan bahwa keseriusan maju sebagai kontestan Pilkada di Kabupaten Alor bukan lagi sekedar wacana, keputusan ini sekaligus menjawab seluruh teka-teki di ruang publik maupun di media sosial, “dapat saya tegaskan bahwa betul saya sedang mempersiapkan diri dan serius untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati Alor,” tegasnya.

Soal proses penjaringan bakal calon entah  melalui dukungan partai atau melalui jalur independen, ia mengaku menyerahkan proses tersebut pada kedaulatan Tuhan dan kehendak rakyat di Kabupaten Alor, “Saya ingin menyampaikan kepada publik melalui media bahwa hari ini saya kira semua orang  mempersiapkan diri dan berproses di partai politik. Kita tidak bisa mengklaim 100 persen bahwa saya akan maju dan dicalonkan oleh partai politik tertentu,” kata Alvons Gorang ketika menjawab pertanyaan soal kendaraan politik yang akan mengantarkannya menjadi Calon Bupati Alor. 

Saat ini, hal yang ia lakukan adalah komunikasi dan pendekatan yang intens dengan para pimpinan partai. “Saya kira ada beberapa partai besar yang hari ini memang saya boleh katakan bahwa komunikasinya baik, baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun di tingkat pusat,” ujarnya lagi.

Dirinya meyakini bahwa partai politik akan melihat secara baik kader mana yang dalam pandangan mereka punya kapasitas dan kompetensi yang mumpuni untuk diberikan dukungan, “Tugas kita adalah mempersiapkan diri dengan baik dalam proses pencalonan, termasuk juga usaha membangun komunikasi dengan masyarakat yang memungkinkan dukungan masyarakat itu kita raih sehingga partai memberikan dukungan,” imbuhnya.

Alvons menyampaikan bahwa jika dipercaya oleh partai politik maka dirinya akan memanfaatkan ruang tersebut dengan ikut dalam survei yang dilakukan oleh partai politik, dirinya secara gamblang menyebutkan bahwa salah satu partai yang telah menjajaki survei calon adalah Partai Golkar dan puji Tuhan dirinya mendapatkan dukungan yang baik. 

“Kalau saya mau jujur sebenarnya kita belum juga dengan upaya atau usaha yang optimal menggalang dukungan tetapi hasil survei kemarin oleh lembaga survei Poltracking kita mendapatkan persentase  dukungan yang baik. Ini menjadi semangat tersendiri yang memungkinkan untuk lebih percaya diri membangun komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat,” ujarnya lagi.   

Dalam kesempatan tersebut, Alvons Gorang kemudian merinci beberapa partai yang tergolong partai besar termasuk partai-partai baru yang baru memulai dan sudah membangun komunikasi dengan pihaknya. “Semua partai saya bangun komunikasi, tetapi ada partai yang memberikan kami ruang untuk ikut di survei. Saya akan terus membangun komunikasi dengan berbagai partai sehingga partai apa saja yang melakukan survei, kita akan menjadi bagian dari calon yang ikut di survei,”.

Ditanya tentang sosok pasangan calon wakil bupati yang akan mendampinginya, Alfons mengaku sedang melakukan penjaringan untuk memilih calon wakil yang tepat. “Yang pasti ia akan mencari pasangan wakil yang tepat mendampinginya, menjaga keharmonisan hubungan dalam memimpin dan membangun Alor sebagaimana teladan harmonisasi hubungan yang ditunjukan   pasangan Drs. Amon Djobo-Imran Duru, S.Pd., M.P., (Almarhum) selama 10 tahun memimpin Alor,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *