Rayakan Hari Listrik Nasional, PLN Wilayah NTT Luncurkan One Man One Kelor Tree

Kupang,sonafntt-news.com. Dalam rangka merayakan Hari Listrik Nasional,PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur menyelenggarakan gerakan One Man One Kelor Tree. Gerakan tersebut bertujuan untuk mendukung Budidaya Kelor di NTT sekaligus menjadi identitas NTT kedepannya sesuai visi pemerintah Daerah NTT. 

“Kita semua tahu Kelor adalah NTT, NTT identik nanti dengan Kelor. Itu visi dari pemerintah NTT. PLN ingin mendukung program pemerintah daerah melalui penanaman kelor di seluruh lingkungan PLN di NTT, masih banyak lahan yang bisa dimanfaatkan. Hari ini kita seluruh karyawan PLN menanam 2000 pohon, ini adalah Langkah awal kami mengembangkan Mutiara Hijau di NTT”. ujar Jatmiko, Jumat (22/10). 

“Saya bersyukur bisa berdiskusi dengan teman-teman keloris, apakah PLN bisa berkontribusi dalam budidaya Kelor, bermanfaat bagi masyarakat NTT. Dan hasil diskusinya hari ini salah satunya kami menanam dengan metode satu orang satu pohon kelor, merawat dan tumbuh tetapi kami tetap membutuhkan bantuan dari ahli-ahli kelor di NTT. Kami berterima kasih atas kerjasama semua pihak dan semoga PLN NTT tetap memberikan kontribusi dalam budidaya dan pemanfaatan kelor” tambah Jatmiko 

“Kami sangat mendukung dan apresiasi sekali terhadap PLN. Kami telah berdiskusi dengan pak GM PLN untuk program kelor kedepan. Selain itu kami sudah melaksanakan Ekspedisi Mutiara Hijau NTT, kami dengan teman-teman keloris dan KABOAX sudah melatih masyarakat tentang kelor dengan total peserta kurang lebih 200 orang dengan menjangkau 17 desa. Kita menekankan bagaimana mengolah kelor menjadi identitas mereka, mengolah kelor bukan saja menanam tapi juga langsung menyuplai hasil olahan kelor.” ucap Kiki Krisnadi Kelor NTT. 

Lanjutnya,”Terima kasih kepada PLN yang sudah memfasilitasi kami sampai ke desa-desa. Dan kegiatan hari ini menjadi percontohan juga bahwa di kantor PLN manapun tidak ada yang sekeren ini, PLN NTT memulai program menanam kelor, jelas Kiki 

Gerakan tersebut juga merupakan wujud nyata PLN mendukung program untuk digunakan sebagai bahan makanan dan pupuk organik serta menjadikan NTT sebagai provinsi kelor sesuai dengan semboyan Kelor adalah NTT dan NTT adalah Kelor.

Sebelumnya, PLN sendiri telah melakukan beberapa program pengembangan kelor di NTT seperti bantuan bibit dan rumah pengeringan kelor untuk 2 Kelompok Tani serta expedisi Mutiara Hijau NTT yaitu program pelatihan kepada kelompok tani kelor di 17 Desa di 5 Kabupaten di Pulau Timor. 

Kelor saat ini sedang dikembangkan untuk bisa menjadi PMT (Pemberian Makanan Tambahan) bagi anak – anak. Kelor memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan anak untuk dapat tumbuh dengan Sehat. 

Turut hadir dalam Acara tersebut  dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati (PIKK) PLN NTT, Komunitas Kelor, Petani Milenial Kelor,  KABOAX (Grup komedi asal NTT) dan seluruh karyawan/wati PLN Group di kota Kupang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *