Sukseskan Program Lopo Pintar, Pemkot Kupang Lakukan Pembekalan Bagi Lima Universitas

Kupang,  Sonafntt-news.com. Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan pembekalan bagi lima Universitas  dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, merumuskan dan melakukan langkah-langkah konkrit di tingkat kelurahan untuk mensukseskan  program lopo pintar dengan fokus mencerdaskan generasi bangsa.

Pantauan media ini, kegiatan tersebut  berlangsung di aula rektorat Kampus Universitas   Muhammadiyah Kupang yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang Drs.Dumuliahi  Djami,MSi.Turut hadir   Kepala Bidang  Pendidikan dasar   Oktovianus,SPd,MSi, perwakilan pendamping mahasiswa dan 815 mahasiswa dari  Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Universitas Persatuan Guru  (UPG) 1945 NTT, Universitas Kristen (Unkris) Kupang dan Universitas  Muhammadiyah Kupang.

Dwuijulyanti Sonlay, mahasiswa FKIP Program Studi Kimia saat dikonfirmasi wartawan menjelaskan bahwa  Program lopo Pintar yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Kupang sangat menarik dimana mengajak generasi muda untuk tekun belajar  dimana kami sebagai mahasiswa distribusikan di setiap kelurahan se-Kota Kupang  untuk berbagai pengalaman, memberi bimbingan sesuai jurusan  untuk siswa SD-SLTP  agar meningkatkan pengetahuan bagi yang membutuhkan.

Ia berharap semua pihak bergerak bersama mensukseskan program ini dengan prinsip menyiapkan generasi yang cerdas dan unggul  di segala aspek.

Kabid Pendidikan Dasar,Dinas P & K Kota  Kupang  Oktovianus Naitboho,SPd,MSi, usai kegiatan menerangkan bahwa esensi dari program lopo pintar  mengacu terhadap berbagai persoalan konkrit di lapangan dimana pasca pandemik covid-19, menunjukkan adanya kemunduran dalam proses pendidikan pada semua jenjang baik dari Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat SLTP. 

“Data ril yang kami peroleh peserta didik dari kelas 1-3 SD yang tidak bisa membaca sekitar 3000-an dan yang bisa membaca namun belum lancar sekitar 4000-an.ini kondisi yang terjadi dilapangan dimana selama 2 tahun kita mengalami pandemik covid-19, anak-anak kelas 1    belajar tidak efektif dan kelas 2-3 juga demikian karena semua belajar online dari rumah bahkan ada  juga yang tidak  bisa menulis.

Menurutnya, sejak sejak Penjabat Walikota Kupang  George Hadjoh  dilantik 22 Agustus 2022  salah satu program yang  diprioritaskan yakni   untuk mendekatkan akses layanan pendidikan yakni  melakukan  kerja sama  dengan lima universitas  untuk merumuskan dan melakukan langkah-langkah konkrit dengan  memberikan bimbingan bagi siswa/siswi sekolah dasar yang kurang efektif belajar selama pandemik covid-19

“Kehadiran lopo pintar   membantu anak-anak yang kesulitan belajar  di rumah. ketika belajar di rumah   guru bersangkutan  tidak ada beda dengan pandemi covid-19 dan salah  satu solusi yang ditawarkan  yakni pemkot menghadirkan program Lopo Pintar dan  bersinergi  bersama 5 Kampus di Kota Kupang” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas P&K Kota Kupang   Drs.Dumuliahi  Djami,MSi  dalam keterangannya menguraikan bahwa program Lopo Pintar memiliki peran strategis dalam mendukung peningkatan pembangunan pendidikan di Kota Kupang dengan harapan mengoptimalkan  pembimbingan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar khususnya baca, tulis dan berhitung akibat pandemi Covid-19. 

Sambungnya upaya lain yang dilakukan yakni meningkatkan prestasi belajar peserta didik, dan untuk memudahkan peserta didik memperoleh layanan pendidikan di luar jam pelajaran di sekolah secara gratis. (Mf/SN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *